ADVERTISEMENT

Wawancara Eksklusif

Cerita di Balik Kostum Desain Marvel Moon Knight, Terinspirasi Budaya Mesir

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 31 Mei 2022 15:45 WIB
Moon Knight (Foto: Dok. Marvel Studios) Moon Knight (Foto: Dok. Marvel Studios)
Jakarta -

Bicara soal serial atau film superhero, kurang lengkap tanpa membicarakan kostumnya. Lewat pakaian, identitas mereka sebagai manusia berkekuatan super dapat tervisualisasi dengan maksimal.

Inilah yang menjadi tanggung jawab orang-orang seperti Megan Kasperlik. Berprofesi sebagai desainer kostum, ia pernah terlibat di beberapa produksi film pencetak box office seperti 'Ocean's 8', 'The Amazing Spider-Man 2' (2014), 'American Hustle' (2013), dan 'The Dark Knight Rises'.

Adapun serial yang pernah ditanganinya antara lain 'Watchmen' (2019) dan 'Mare of Easttown' (2021) yang memberinya sebuah nominasi Primetime Emmy Awards.

Teranyar, ia dipercayai untuk mendesain kostum 'Moon Knight' yang merupakan serial keenam produksi Marvel Cinematic Universe (MC) untuk Disney Plus. Dengan Dough Moench sebagai kreator dan Mohamed Diab yang memimpin tim penulis, 'Moon Knight' menampilkan Oscar Isaac, Ethan Hawke, dan May Calamawy sebagai bintangnya.


Belum lama ini, Wolipop berkesempatan berbincang dengan Megan untuk membahas seluk-beluk kostum Moon Knight, mulai dari keunikan kostum, tantangan membuatnya, dan peran sejarah dan budaya Mesir dalam proses kreatif. Berikut petikan wawancaranya:


1. Dari sekian banyak film dan serial yang digarap, apa yang membuat proses kreatif Moon Knight terasa spesial? Ada kenangan tersendiri?

Oscar Isaac as Marc Spector/Steven Grant in Marvel Studios' MOON KNIGHT. Photo by Csaba Aknay. ©Marvel Studios 2022. All Rights Reserved.Oscar Isaac sebagai Marc Spector/Steven Grant di serial 'Moon Knight'. (Foto: Dok. Marvel Studios)

Megan: Aku sangat menikmati waktuku di Moon Knight saat menciptakan tampilan sekaligus mengembangkan karakter bersama para aktor. Kolaborasi yang terjadi antara aku dengan Oscar, Ethan, dan May terasa sangat fenomenal.

Lebih dari itu, jarang sekali seorang desainer kostum mendapat kesempatan untuk mendesain kostum superhero. Di Moon Knight, aku bisa merancang pakaian superhero kontemporer. Banyak yang kami dapat lakukan di sini. Sungguh menyenangkan.


2. Bagaimana cara Anda menghidupkan kostum dari komik ke serial atau film? Tantangannya seperti apa?

Oscar Isaac as Marc Spector/Steven Grant in Marvel Studios' MOON KNIGHT. Photo by Csaba Aknay. ©Marvel Studios 2022. All Rights Reserved.Foto: Dok. Marvel Studios


Setiap kali ada superhero yang dibuat filmnya dari komik, orang selalu ingin kostumnya sama persis dengan komiknya. Padahal, karakter di komik ada di medium yang sangat dimensional. Jadi lengan karakter tidak bisa menekuk sepenuhnya seperti di komik.

Membuat kostum yang terlihat keren demi menyenangkan fans tentu penting, tapi harus fungsional juga. Hal yang kusuka di Moon Knight, semua kostum yang kami buat mengedepankan fungsionalitas. Kostum Moon Knight bisa dipakai untuk berlari, molompat, dan menendang, lalu Harrow punya tampilan yang kontemporer tapi nyaman.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Eureka!
×
Selamat Tinggal BBM
Selamat Tinggal BBM Selengkapnya