ADVERTISEMENT

5 Barang Rusak yang Dirilis Balenciaga, Terbaru Sneakers Kotor Rp 27 Juta

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 11 Mei 2022 20:30 WIB
Sneakers Balenciaga Foto: Dok. Balenciaga
Paris -

Meski berstatus luxury-brand, Balenciaga justru mengeluarkan produk-produk yang jauh dari kesan mewah. Kontroversi dan hujatan di media sosial pun tak terelakkan.

Balenciaga didirikan pada 1919 oleh Cristóbal Balenciaga, desainer berdarah Spanyol yang reputasinya sebagai perancang adi busana sangat disegani. Seorang Christian Dior bahkan menyebutnya 'guru dari semua guru'.

Seiring berjalannya waktu, Balenciaga yang kini berada di bawah naungan grup Kering, mengalami perubahan signifikan, baik dalam struktur bisnis hingga desain. Paling terlihat ketika desainer Demna Gvasalia ditunjuk sebagai direktur kreatif pada 2015.

Di tangan pria asal Georgia ini, Balenciaga memperlihatkan sisinya yang liar dengan desain yang nyeleneh dan eksentrik. Bahkan banyak di antaranya justru terlihat seperti barang rusak. Dengan harga yang tak murah, kreasi tersebut kerap memicu cibiran. Berikut lima barang 'rusak' yang pernah dirilis Balenciaga:


1. Jaket Robek Balenciaga

Jaket Sobek Balenciaga Rp 27 JutaJaket Sobek Balenciaga Rp 27 Juta (Foto: Dok. Balenciaga)

Pada pertengahan Agustus 2021, Balenciaga merilis sebuah fashion item berupa hoodie rajut berwarna biru yang dihiasi bolongan-bolongan di beberapa bagian. Logo Balenciaga tampak menghiasi bagian depan dan belakang outerwear uniseks tersebut.

"Hoodie rajut berlogo dari rumah mode asal Spanyol ini memperlihatkan apapun di baliknya karena detail sobekan dan keliman yang tidak rapi," demikian deskripsi produk tersebut di situs belanja Farfetch.

Jaket yang sudah habis terjual ini makin bikin orang geleng-geleng kepala lantaran harganya yang mencapai 1.350 pound sterling atau sekitar Rp 27 juta. Seorang netizen mengungkapkan keheranannya di Twitter dengan cuitan bernada sarkastis.

"Dengan membayar 1.300 pound sterling, kamu bisa terlihat seperti baru saja digigit anjing," kata pengguna Twitter bernama Liam itu seperti dikutip Daily Mail. Ada pula yang berkomentar, "Siapa saja yang membelinya pasti tidak mempermasalahkan desainnya."

2. Sweater 'Orang Miskin' Rp 22 Juta

Balenciaga(Foto: Dok. Balenciaga)

Tak cuma jaket, Balenciaga juga menghadirkan tampilan barang rusak dalam versi sweater. Hampir seluruh bagian sweater sengaja dibuat robek-robek. Di bagian bawahnya juga tampak tak terpotong rapih. Walaupun demikian, Balenciaga mematok harga yang tak main-main untuk sweater 'hancur' yang dijualnya itu.

Seperti dikutip dari India Times, Destroyed Crewneck berwarna biru tua itu dijual dengan harga sekitar Rp 22 juta. Mengetahui hal itu, tak sedikit netizen yang kemudian mengkritik rumah mode mewah asal Spanyol yang berbasis di Paris itu.

"Bayar Rp 22 juta agar terlihat miskin," komentar salah seorang netizen di media sosial.


3. Kemeja Bolong

Kemeja Robek BalenciagaKemeja Robek Balenciaga (Foto: Dok. Balenciaga)

Kemeja pun tak luput dari 'hiasan' tak biasa ini. Di situs MyTheresa, terdapat kemeja bermotif garis dari Balenciaga dengan aksen menyerupai robekan pada bagian kancing dan lengan.

Produk ini dinamai 'destroyed cotton shirt'. Hargayanya 1.190 euro atau sekitar Rp 18,2 juta.


4. iPhone Rusak

Undangan Balenciaga dari iPhone RusakUndangan Balenciaga dari iPhone rusak. (Foto: Twitter)

Untuk fashion show koleksi Fall/Winter 2022, Balenciaga mengirim para tamunya undangan yang antimainstream. Alih-alih kertas, rumah mode yang berbasis di Paris ini memakai iPhone 6 rusak.

Terdapat retakan pada bagian layarnya. Di belakangnya, terukir tanggal dan waktu pertunjukan Balenciaga di Paris Fashion Week yang digelar pada awal tahun ini.


5. Sneakers Kotor

Sneakers BalenciagaSneakers Balenciaga (Foto: Dok. Balenciaga)

Dijual seharga Rp 26 juta per pasang, koleksi sneakers yang diberi nama Paris ini terdiri dari high-top dan mule dengan tiga pilihan warna yakni hitam, putih dan merah. Setiap model dirancang seolah sudah lama dipakai hingga kotor dan rusak.

Ada tiga 'tingkat kerusakan' yang bisa dipilih di sneakers Balenciaga. Pada model 'full destroyed' terdapat sobekan di seluruh bagian kanvas sepatu serta ada noda berwarna hitam pada bagian sol.

Untuk seri lainnya, sneakers Balenciaga ini hanya tampak sudah pernah dipakai dengan efek warna pudar pada beberapa sisi sepatu. Sementara bagian sol hanya ada sedikit noda hitam tipis.



Simak Video "Hati-hati! Paris Fashion Week Peringatkan soal Pencurian Identitas"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)