Supermodel Dikecam Usai Tampil di Show Alexander Wang Pasca-Pelecehan Seks

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 21 Apr 2022 16:00 WIB
Models walk the runway at fashion designer Alexander Wangs Fashion show Alexander Wang koleksi Fall 2022 di Chinatown, Los Angeles, Selasa (19/4/2022). (Foto: AP/Chris Pizzello)
Los Angeles -

Fashion show Alexander Wang mengundang kontroversi menyusul pelecehan seksual yang dituduhkan pada sang desainer. Deretan supermodel yang tampil pun tak luput dari kritikan.

Setelah sempat vakum, Alexander Wang kembali menggelar peragaan busana. Ada yang berbeda dari biasanya. Bila selama ini kota basisnya, New York City, selalu dipilih sang desainer sebagai lokasi peragaan, kini Los Angeles menjadi tuan rumah untuk presentasi perdana koleksi musim gugur 2022 tersebut.

Models walk the runway at fashion designer Alexander Wang's Aksi para model di catwak Alexander Wang koleksi Fall 2022. (Foto: AP/Chris Pizzello)

Perhelatan ini juga menarik sorotan lantaran menandai 'come-back' desainer 38 tahun itu setelah tersandung kasus pelecehan seksual. Pada akhir 2020, sejumlah orang yang kebanyakan berprofesi sebagai model mengaku sebagai korban Wang.

Sempat bungkam, Wang akhirnya angkat bicara. Walau ada sebagian tuduhan yang dibantahnya, ia tetap menyampaikan permohonan maaf dan sudah menemui langsung para korban dengan harapan masing-masing dapat 'move-on'.

Namun, ia tak bisa begitu saja lepas dari bayang-bayang kasus tersebut. Akibatnya, fashion show yang digelar di Chinatown, Selasa (19/4/2022), menimbulkan polemik dan bahkan berimbas pada para supermodel yang muncul di catwalk.

LOS ANGELES, CALIFORNIA - APRIL 19: Model Adriana Lima walks the runway during the Alexander Wang Penampilan model Adriana Lima yang sedang hamil di fashion show Alexander Wang koleksi Fall 2022. (Foto: Getty Images via AFP/FRAZER HARRISON)

Banyak yang kecewa karena mereka masih memberi dukungan kepada Alexander Wang terlepas rekam jejaknya yang tercoreng karena kasus tersebut.

"Mengecewakan sekali melihat Adriana Lima, Candice Swanepoel, Anna Ewers, dan Alessandra Ambrosio berjalan di panggung Alexander Wang. Mereka tentu tampil bukan karena uang. Saya tidak menyalahkan model lain mengingat susahnya mencari pemasukan sebagai model," demikian bunyi kicauan akun @CoutureIsBeyond.

Sejumlah selebriti turut hadir sebagai tamu. Mereka yang diundang antara lain model senior Kimora Lee Simmons dan Erika Jayne. Kim Kardashian yang tak hadir tetap memberi ucapan selawat lewat Instagram Stories. "Selamat untuk fashion show-nya yang luar biasa @alexwangny," tulis Kim.

[Gambas:Instagram]



"Alexander Wang kembali seakan tidak terjadi apa-apa. Aku benci industri ini," sindir seorang pengguna Twitter.

Menurut Vogue, Alexander Wang tidak melayani permintaan wawancara untuk media. After-party yang biasa digelar setelah fashion show juga absen.

Namun sehari sebelum fashion show, desainer keturunan Taiwan yang lahir di California ini mengadakan bazaar 'Fortune City' di mana para pengunjung bisa berbelanja di deretan kios pedagang kaki lima yang menjajakan suvenir dan kuliner khas China. Tersedia pula kaus Alexander Wang edisi khusus yang hasil penjualannya didonasikan untuk Chinatown Corporation, organisasi nirlaba yang fokus melestarikan kawasan pecinan di Los Angeles.



Simak Video "Cerita Anindita Hidayat Hadapi Pelecehan Seksual di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)