Debut Seragam Keluarga Karya Sapto Djojokartiko untuk Tren Baju Lebaran 2022

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 14 Apr 2022 10:15 WIB
Koleksi Sapto Djojokartiko 2022 Koleksi seragam baju Lebaran 2022 karya Sapto Djojokartiko. (Foto: Abduh/Detikcom)
Jakarta -

Bulan suci Ramadan tahun ini menandai kehadiran sebuah tawaran baru dari desainer Sapto Djojokartiko. Terinspirasi dari momen kebersamaan saat merayakan hari kemenangan, ia memperkenalkan koleksi seragam untuk tren baju Lebaran 2022.

Presentasi rangkaian kreasi teranyar Sapto Djojokartiko yang bertajuk 'Eid One-Off Collection 2022' ini digelar dengan konsep yang unik di showroom apartemen Savyavasa Residence, Jakarta Selatan, Rabu (13/4/2022).

Koleksi Lebaran 2022 Karya Sapto DjojokartikoKoleksi baju Lebaran 2022 karya Sapto Djojokartiko (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Alih-alih menyajikan koleksinya dalam sebuah fashion show, perancang kelahiran Solo, Jawa Tengah, ini mengajak para tamu undangan melihat koleksinya dari satu ruangan pamer apartemen ke ruangan lain di mana para model sudah menanti dalam balutan busana tersebut. Dengan bantuan teknologi, penjelasan setiap detail busana muncul dari sistem audio di masing-masing ruangan setiap kali tamu masuk.

"Saya sendiri merasakan evolusi sebagai seorang desainer yang diharuskan terus beradaptasi dengan teknologi, kerap dituntut untuk berinovasi tapi di waktu yang bersamaan tetap mengasuh apa yang telah menjadi identitas dari brand ini," kata Sapto dalam sebuah keterangan tertulis.

Koleksi yang berada di bawah naungan jenama Sapto Djojokartiko ini kembali memperlihatkan DNA Sapto dengan garis desainnya yang modern tapi sarat detail yang feminin dan romantis, dan warna yang lembut. Namun, terdapat pula beberapa motif yang ikut mewarnai untuk memberi angin segar.

Koleksi Sapto Djojokartiko 2022Koleksi baju Lebaran 2022 karya Sapto Djojokartiko. (Foto: Abduh/Detikcom)

Ada motif Primrose, Ukelan Ron, Ukelan Sekar, Banda Neira, Darpana dan Birai Rambat yang Sapto dapatkan inspirasinya saat melihat berbagai jenis bunga di tengah proses kreatif koleksi ini.

Di jajaran busana yang formal, potongan busana berbentuk i-line serta a-line dengan oversized cutting yang merupakan ciri khas Sapto kembali dihadirkan pada koleksi ini. Terdapat pula beberapa luaran kasual untuk dipakai pada kesempatan yang santai.

Tak cuma busana wanita, desainer yang berkarier sejak 2008 ini pun mengakomodasi kebutuhan para pria yang ingin bergaya maksimal saat merayakan Idul Fitri. Atasan longgar dengan motif bernuansa tribal dan luaran menyerupai coat menjadi tawaran untuk pria.

Koleksi Sapto Djojokartiko 2022Koleksi baju Lebaran 2022 karya Sapto Djojokartiko. (Foto: Abduh/Detikcom)

Menariknya, label Sapto Djojokartiko untuk pertama kalinya merilis koleksi busana siap pakai untuk anak-anak yang senada dengan koleksi dewasa sehingga bisa menjadi opsi busana seragam keluarga. Saptojo Insimul, demikian Sapto menamai koleksi busana anak tersebut. Adapun kata 'insimul' berasal dari bahasa Latin yang bermakna 'kebersamaan'.

"Pada bulan Ramadan, tren berbusana seragam keluarga untuk berfoto bersama akan tetap banyak terlihat seperti tahun-tahun sebelumnya. Saat ini dengan semangat yang baru menyongsong hari kemenangan, saya dan juga tim berharap koleksi ini dapat menemani keluarga-keluarga di Indonesia untuk terus bersama berjalan menghadapi tantangan maupun anugerah yang ada di depan mata," kata pria jebolan ESMOD Jakarta ini.

Sebelumnya, Sapto telah mengeluarkan koleksi Ramadan One-Off Collection 2022 dengan nuansa koleksi yang lebih kasual dalam pemilihan material seperti katun dan linen. Kesan tersebut kain dipertegas dengan dominasi warna netral seperti muali realgar, poudre, dove, turnip, clay, nata, tobacco dan bijou.

Hadir pula kreasi motif baru bernama Seligi dan Pixelated Ikat yang bersanding dengan motif-motif khas Sapto Djojokartiko yang sudah lebih dulu dikenal, seperti Arnit, Ikat dan Yayi.



Simak Video "Baju Set Keluarga Masih Jadi Idaman untuk Lebaran 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)