Tulola Jewelry Hadirkan Pustaka Tulola, Gandeng Maestro Keris Bali

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 25 Mar 2022 11:45 WIB
Koleksi perhiasan Ketenangan Jiwa, buah kolaborasi Tulola Jewelry dan I Made Pada untuk Pustaka Tulola. (Foto: Dok. Tulola Jewelry) Koleksi perhiasan 'Ketenangan Jiwa', buah kolaborasi Tulola Jewelry dan I Made Pada untuk Pustaka Tulola. (Foto: Dok. Tulola Jewelry)
Jakarta -

Sadar akan pentingnya pengarsipan karya sebagai kekayaan intelektual, Tulola Jewelry memperkenalkan Pustaka Tulola. Kehadirannya ditandai dengan peluncuran koleksi perhiasan 'Ketenangan Jiwa', buah kolaborasi Tulola dengan maestro keris Bali, I Made Pada.

Happy Salma, salah satu founder Tulola, mengungkapkan merek perhiasan yang didirikannya bersama Sri Luce-Rusna tersebut berkembang pesat selama 12 tahun terakhir. Namun di sisi lain, ada konsekuensi dari kesuksesan tersebut: plagiarisme. Muncul berbagai perhiasan dari merek lain yang desain dan motifnya sangat mirip dengan Tulola.

"Dari sini kami merasa perlu untuk mendata karya-karya terdahulu agar jelas mana perhiasan Tulola, mana yang bukan," ujar Happy saat peluncuran koleksi tersebut di showunit Savyavasa, Jakarta Selatan, Kamis (24/3/2022).

Sementara itu, Franka Franklin Makarim selaku co-founder Tulola Jewelry menambakan, Pustaka Tulola diharapkan juga dapat mempermudah proses kreatif. Begitu banyak motif-motif khas Indonesia yang pernah Tulola angkat sebelumnya bisa menjadi referensi dan dikembangkan untuk koleksi berikutnya.

"Kalau bikin baru, prosesnya sangat panjang, dan cukup menguras energi karena harus benar-benar dipikirkan dengan matang motif yang ingin dibuat," jelas istri Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek Nadiem Makarim ini.

Koleksi Pustaka Tulola: Ketenangan JiwaFranka Franklin Makarim dan Happy Salma saat peluncuran Pustaka Tulola, Kamis (24/3/2022). (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Selain itu, Pustaka Tulola disebut Happy dan Franka sebagai 'laboratorium' sekaligus wadah pembelajaran untuk menggali lebih dalam lagi kekayaan motif Nusantara.

Oleh karena itu, mereka berencana merilis koleksi Pustaka Tulola secara rutin dengan menggandeng kolaborator yang berbeda-beda setiap tahunnya.

Sebagai kreasi perdana Pustaka Tulola, hadir koleksi perhiasan "Ketenangan Jiwa" yang merupakan buah kolaborasi Tulola dengan artisan keris Bali, I Made Pada.

Tulola Jewelry gandeng seniman keris Bali I Made Pada. Bertajuk Ketenangan Jiwa, koleksi perhiasan ini turut menandai kehadiran Pustaka Tulola.I Made Pada, seniman keris Bali, yang digandeng Tulola Jewelry untuk koleksi perdana Pustaka Tulola. (Foto: Dok. Tulola Jewelry)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Selebgram Andrea Gunawan yang Candu Akan Perhiasan"
[Gambas:Video 20detik]