Museum Inggris Pilih Baju Meghan Markle Jadi Dress of the Year, Ini Alasannya

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 24 Feb 2022 13:20 WIB
This image provided by Harpo Productions shows Prince Harry, left, and Meghan, Duchess of Sussex, speaking about expecting their second child during an interview with Oprah Winfrey. Pangeran Harry dan Meghan Markle saat diwawancarai Oprah Winfrey pada Maret 2021 lalu. Gaun hitam Giorgio Armani yang dipakainya terpilih sebagai 'Dress of the Year 2021'. (Foto: Joe Pugliese/Harpo Productions via AP)
London -

Masih ingat wawancara Oprah Winfrey dengan Meghan Markle dan Pangeran Harry yang menggemparkan tahun lalu? Baju yang Duchess of Sussex pakai saat itu terpilih sebagai 'dress of the year' di sebuah museum fashion di Inggris.

Fashion Museum Bath mengumumkan, Selasa (22/2/2022), bahwa gelar 'Dress of the Year 2021" jatuh ke gaun rancangan Giorgio Armani tersebut. Keputusan tersebut tak lepas dari pesan tersembunyi yang tersirat di balik gaunnya.

This image provided by Harpo Productions shows Prince Harry, left, and Meghan, Duchess of Sussex, speaking about expecting their second child during an interview with Oprah Winfrey. Meghan Markle saat diwawancarai Oprah Winfrey. (Foto: Joe Pugliese/Harpo Productions via AP)

"Dikabarkan Duchess memilih gaun dengan motif bunga teratai karena tumbuhan tersebut melambangkan reinkarnasi, regenerasi dan pencerahan spiritual, serta kemampuannya tumbuh di tengah kondisi tak menentu," demikian bunyi pernyataan museum tersebut.

Adapun proses penyeleksian 'Dress of the Year' tiap tahunnya melibatkan para insan industri fashion. Kali ini, editor majalah fashion dua bulanan Dazed, Ibrahim Kamara, yang digandeng museum Fashion Museum Bath untuk mencari gaun yang 'merangkum mood fashion pada masa itu, merepresentasikan tahun sebelumnya, sekaligus mengabadikan imajinasi tersebut."

"Menurut kami, Meghan dan Harry diwawancarai Oprah adalah momen ikonis yang menunjukkan gerakan antisistem yang selalu menjadi bagian dari sejarah Inggris. Baju yang dipakai Meghan ini sudah pasti terukir dalam budaya pop kita," kata Ibrahim seperti dikutip People.

This image provided by Harpo Productions shows Meghan, The Duchess of Sussex, left, in conversation with Oprah Winfrey. (Joe Pugliese/Harpo Productions via AP)(Foto: Joe Pugliese/Harpo Productions via AP)


Dalam wawancara TV pertama mereka setelah hengkang dari Kerajaan Inggris, Meghan Markle yang kala itu sedang mengandung Lilibet bicara blak-blakan tentang kehidupannya setelah berstatus sebagai istri Pangeran Harry.

Pernyataan mantan aktris itu tentang perlakuan rasis dari seorang anggota keluarga Kerajaan terhadap dirinya sempat menimbulkan kehebohan. Begitu euforianya, program CBS Spesial berdurasi dua jam yang tayang pada Maret 2021 itu sampai disaksikan 60 juta pasang mata di 70 negara.

Kini, pengunjung dapat melihat langsung versi lain dari gaun hitam dengan garis leher berbelahan rendah itu. Instalasi gaun ini sekaligus menjadi bagian dari pameran "A History of Fashion in 100 Objects".



Simak Video "Potret Wajah Lilibet, Putri Pangeran Harry dan Meghan Markle"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)