Usung Motif Papua dan Borneo, Desainer Magelang Tuai Pujian di New York

Eko Susanto - wolipop Minggu, 31 Okt 2021 18:00 WIB
Indah Darry fashion show tampilkan motif Papua dan Borneo di New York Foto: Eko Susanto/Detikcom
Magelang -

Desainer asal Magelang, Jawa Tengah, Indah Darry (57), mengguncang publik New York, Amerika Serikat. Dalam ajang fashion show di NY, dia mengangkat motif Papua dan Borneo.

Indah tak menyangka sebelumnya bakal terbang menuju New York dan bisa memamerkan karyanya. Koleksi batik buatannya ditampilkan di dua fashion show pada pertengahan September 2021.

Karya batik Indah pertama ditampilkan di New York City (NYC) LIVE at Fashion Week. Dalam NYC LIVE ini, Indah Darry bekerja sama dengan salah satu temannya yakni tokoh Papua, dr Rosaline Rumaseuw. Mereka memamerkan 24 karya dengan motif seni budaya dari Papua.

Ketertarikannya dengan motif Papua dan Borneo, berangkat dari pemikirannya. Dia merasa banyak desainer-desainer sebelumnya jika show di luar negeri yang dibawa hanya batik, tenun, lurik.

Indah Darry fashion show tampilkan motif Papua dan Borneo di New YorkIndah Darry fashion show tampilkan motif Papua dan Borneo di New York Foto: Dok. Pribadi

"Saya berawal pemikiran, dulu banyak desainer-desainer yang senior kalau show ke luar negeri yang dibawakan hanya batik, tenun, lurik, gitu. Padahal kan kita di Indonesia tidak hanya itu, di Indonesia bagian Timur itu kalau kita angkat motif-motif keren-keren juga," kata Indah saat ditemui di Magelang, Rabu (27/10/2021).

Perempuan yang kini menetap di Jakarta itu, menambahkan, di Papua motif-motif ukiran di rumah juga bermakna. Demikian halnya di Borneo. Untuk itu, ia bercita-cita sejak kecil jika diundang show menuju luar negeri akan membawa motif Papua dan Borneo.

"Nggak kalah kerennya terutama, Papua. Karena (Papua), di sana motif-motif yang berada di ukiran rumah itu juga bermakna juga. Nah saya berpikir kalau itu saya tuangkan ke dalam kain, di atas kain itu kan bagus, nggak kalah keren. Sama yang di Borneo juga, makanya saya waktu itu, saya bercita-cita kalau saya diundang show di luar negeri, saya akan bawa Papua dan Borneo," tuturnya.

"Kebetulan Allah mengabulkan doa saya melalui William Michael Reid (President and CEO NYC LIVE at Fashion Week), dia ngundang saya. Alhamdulillah sampai sana, saya bawa Papua dan Alhamdulillah berhasil," tambah Indah.

Dalam NYC LIVE at Fashion Week tersebut, Indah memamerkan 24 karya busana dengan motif bumi Cenderawasih. Ia mengusung tema Insos of Papua (gadis Papua) yang menonjolkan motif Papua, untuk mode jaket kasual bagi pria dan gaun malam bagi wanita.

"Luar biasa (apresiasinya), terutama yang di NYC LIVE itu. Saya juga sampai nangis, karena nggak nyangka kalau akan seperti itu. Animo yang datang bener-bener sangat mengapresiasi apa yang saya buat di situ, motif-motif itu," kenang Indah.

Karya busana Indah kembali menuai pujian pada fashion show kedua di New York Indonesia Fashion Week. Fashion show tersebut berlangsung di Konsulat Jenderal RI di New York. Indah memamerkan 15 busana dengan motif Papua dan Borneo.

(eny/eny)