Hari Batik Nasional, Ini 4 Tips Jitu Rawat Batik Agar Awet Menurut Ahli

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 02 Okt 2021 08:00 WIB
Membatik dengan menggunakan canting dan lilin. Hari Batik Nasional, tips merawat batik. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus selalu dilestarikan. Tepat tanggal 2 Oktober warga Indonesia akan merayakan Hari Batik Nasional. Biasanya batik sendiri seringkali digunakan di dalam berbagai acara, dari mulai acara formal hingga santai.

Namun tidak semua orang paham betul bagaimana caranya merawat batik yang dimiliki. Dalam SnackVideo Media Workshop melalui Zoom pada 1 Oktober 2021, Bram Kushardjanto, selaku penguasaha sosial-budaya dan pekerja budaya, membagikan beberapa tipsnya untuk merawat batik agar bisa tahan lama.

1. Jangan Mencuci Menggunakan Deterjen

Bram menjelaskan bahwa jika ingin batik yang dimiliki lebih awet, maka jangan terlalu sering mencucinya menggunakan deterjen. Agar aman, batik tersebut bisa dicuci menggunakan pembersih khusus untuk mencuci batik.

"Cek aja di e-commerce ada yang namanya lerak. Nah itu bagus banget buat batik," terang Bram.

2. Hindari Penggunaan Kapur Barus di Lemari

Pada Hari Batik Nasional 2021 ini, kamu juga wajib tahu bagaimana cara menyimpan batik. Jika batik yang dimiliki hendak disimpan di lemari, Bram menyarankan untuk tidak menggunakan kapur barus atau kamper sintetik yang biasanya dijual di toko-toko. Sebagai gantinya, Bram justru merekomendasikan untuk menggunakan merica.

"Pakai merica di sebarin gitu aja nggak apa-apa. Atau kalau mau biar nggak berantakan ditaruh di dalam kantong kasa, banyak juga yang jual sekarang, diikat, terus ditaro di dalam lemari," terang Bram.

3. Simpan Batik dengan Digulung, Bukan Dilipat

Agar batik yang dimiliki bisa berumur panjang, maka proses penyimpanan sangatlah penting. Bram menyarankan jika memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar, maka sebaiknya batik yang sudah berumur disimpan dengan cara digulung, bukan dilipat.

"Kalau punya batik yang tua-tua yang peninggalannya eyang atau siapa gitu jangan dilipat, digulung saja. Nyimpennya itu digulung di dalam pakai kayak rotan gitu yang panjang. Atau nggak tongkat pramuka. Digulung terus ditaruh di lemari," jelas Bram.

4. Jangan Terkena Matahari Langsung saat Menjemur

Terakhir Bram menyarankan untuk tidak membiarkan batik yang dimiliki terkena matahari langsung saat menjemur. Untuk mengeringkan batik agar lebih awet, batik hanya perlu diangin-anginkan saja.

Bagaimana sekarang sudah tahu kan cara agar batik kamu awet? Selamat Hari Batik Nasional 2021.

(vio/vio)