Keren! 6 Kreasi Lokal Ini Sudah Mendunia hingga ke New York

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Senin, 13 Sep 2021 14:25 WIB
memilih baju Foto: shutterstock
Jakarta -

Produk lokal #DiIndonesiaAja semakin mendunia. Hal ini terlihat dari karya para jenama lokal Indonesia yang berhasil tampil di videotron Times Square di New York, Amerika Serikat!

Prestasi membanggakan ini tentunya semakin menunjukkan kualitas brand lokal di mata dunia. Perkembangan fesyen lokal pun saat juga menjadi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Salah satunya dengan menghadirkan Baparekraf Digital Entrepreneurship (BDE), program pendampingan untuk pelaku fesyen dengan memanfaatkan teknologi digital dalam proses bisnisnya.

"Kemudian ada program Beli Kreatif Lokal dan Beli Kreatif Danau Toba, yang ternyata mendorong para pelaku industri fesyen di Danau Toba secara luar biasa. Dan kita juga memfasilitasi pelaku parekraf untuk onboarding, sehingga target mendigitalisasi 30 juta pelaku UMKM sampai dengan tahun 2023 dapat terwujud," kata Sandiaga.

Melalui program tersebut, fesyen lokal di Indonesia diharapkan dapat semakin mendunia. Seperti halnya keenam produk fesyen milik jenama berikut.

1. Bohopanna

Produk UMKMProduk UMKM Foto: bohopanna

Fesyen bayi dan anak kini semakin booming di masyarakat. Salah satunya seperti koleksi produk dari Bohopanna. Berbeda dari fesyen lainnya, Bohopanna menghadirkan koleksi pakaian bayi dan anak mulai dari piyama, daily outfit, hingga baju renang yang terbuat dari 100% katun dengan model unik.

Menariknya lagi, Bohopanna juga menghadirkan warna pakaian yang tak biasa dari warna earth tone hingga pastel. Tak heran hingga kini Bohopanna mampu memperluas ekspansinya di Asia, Amerika, hingga Eropa.

2. Koze

Produk UMKMProduk UMKM Foto: Istimewa

Buat kamu penyuka fesyen kasual, bisa coba koleksi t-shirt dari Koze. Produk fesyen lokal ini punya ciri khas simple dan nyaman dipakai. Meski hampir seluruh koleksi Koze merupakan kaos polos, bukan berarti kamu nggak bisa tampil stylish. Pasalnya, koze menghadirkan beragam warna kaos dan ukuran yang bisa kamu mix and match dengan pakaian lain seperti jaket, kemeja, hingga rompi.

3. Nona Rara

Produk UMKMProduk UMKM Foto: Istimewa

Keindahan batik memang tak perlu diragukan lagi, seperti ragam koleksi batik milik Nona Rara. Lewat koleksinya, Nona Rara menampilkan fesyen batik dengan sentuhan modern sehingga cocok dipakai bagi kalangan muda. Nona Rara juga menghadirkan aneka fesyen batik mulai dari dress, celana, blouse, kemeja, hingga outer sehingga bisa dipakai di acara daily dan formal. Tak hanya itu, ada pula koleksi masker, clutch, hingga dompet yang bisa dikombinasikan dengan gaya pakaian kamu.

4. Owners Worldwide

Produk UMKMProduk UMKM Foto: ownersworldwide

Hobi koleksi fesyen streetwear? Owners Worldwide memiliki berbagai koleksi pakaian streetwear yang bisa jadi inspirasi outfit of the day (ootd) kamu. Berbagai macam pakaian mulai dari jaket, celana denim, t-shirt, hingga waist bag milik Owners Worldwide siap bikin penampilan jadi makin trendi. Uniknya, seluruh koleksi ini terinspirasi dari budaya Jepang. Jadi, jangan heran kalau kamu banyak menemukan motif kaligrafi Jepang dananime pada koleksi Owners Worldwide.

5. Sideline Label

Produk UMKMdok. sidelinelabel

Buat kamu yang suka gaya pakaian kekinian, koleksi sidelinelabel bisa jadi pilihan. Pasalnya, sidelinelabel menghadirkan ragam busana wanita seperti outer, dress, scarf, blouse, celana, rok, hingga tunik bergaya bohemian, retro, dan tradisional. Uniknya lagi, di setiap koleksinya, sidelinelabel menawarkan berbagai macam warna mulai dari pastel, netral, black and white, hingga warna cerah.

6. T.V.F Footwear

Produk UMKMProduk UMKM Foto: tvf.footwear

Punya banyak koleksi pakaian rasanya kurang lengkap jika tak dipadukan dengan alas kaki yang kece. Untuk itu, kamu bisa mix and match pakaian kamu dengan koleksi dari T.V.F Footwear. Sejak tahun 2021, produk lokal ini telah menawarkan beragam sneakers dan slip on untuk menunjang penampilan kasual. Buat kamu yang suka gaya santai atau formal, ada juga tipe Urban Sandal yang cocok dipakai hangout atau jalan-jalan liburan. Bicara soal liburan, kamu bisa kulik akun Instagram @pesonaid_travel untuk cari tahu informasi lengkap soal produk-produk dalam negeri yang berkualitas dan inspirasi destinasi wisata #DiIndonesiaAja.

Jangan lupa juga untuk ikutan PUKIS (Pesona Punya Kuis) Edisi 1. Caranya, cukup follow akun Instagram Pesona Indonesia, like postingan PUKIS terbaru, jawab pertanyaan di kolom komentar dan mention 3 teman di caption. Ada banyak hadiah menarik yang bisa kamu dapatkan!

Selain keenam brand di atas, tentunya masih banyak berbagai produk lokal yang telah mendunia hingga ke mancanegara. Untuk itu, kamu perlu terus dukung brand lokal dengan #BeliKreatifLokal. Seluruh brand tersebut juga dapat dibeli secara online sehingga aman dan praktis.

Meski aman, pastikan kamu tetap selalu menerapkan protokol kesehatan 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama). Segera juga lakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat!



Simak Video "Kolaborasi Gernas BBI dan Bangga Lokal BCA demi Memajukan Produk UMKM Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/eny)