Dear Warga +62, Ini Alasan Pemain Voli Pantai Pakai Bikini Menurut Para Atlet

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 04 Agu 2021 15:47 WIB
RIO DE JANEIRO, BRAZIL - AUGUST 09: Laura Giombini of Italy and Nada Meawad of Egypt battle at the net during the Womens Beach Volleyball Preliminary Pool A match on Day 4 of the Rio 2016 Olympic Games at the Beach Volleyball Arena on August 9, 2016 in Rio de Janeiro, Brazil.  (Photo by Ezra Shaw/Getty Images) Pertandingan voli pantai putri di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Getty Images)
Tokyo -

Tayangan pertandingan voli pantai putri Olimpiade Tokyo 2020 diprotes penonton Indonesia. Pasalnya, tontonan tersebut memperlihatkan para atlet wanita berbikini. Padahal, voli pantai dan bikini seperti sudah menjadi satu kesatuan yang sulit dipisahkan.

Penonton yang bernama Siti Musabikha itu telah melayangkan pengaduan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). "Penayangan Olympic di TV memang baik, namun untuk kategori olahraga volleyball wanita, para pemainnya menggunakan bikini dan hal ini tidak baik untuk disiarkan," tulisnya di pengaduan yang viral di media sosial tersebut.

Selain merasa keberatan pihak TV tidak mensensor penampilan para atlet tersebut, ia juga menyampaikan kekecewaannya lantaran jadwal penayangan pertandingan voli pantai itu menggantikan acara dakwah di TV. "Apalagi biasanya slot waktu itu dipakai pengajian Mama Dedeh, agak ironi sebenarnya," katanya.

RIO DE JANEIRO, BRAZIL - AUGUST 09: Laura Giombini of Italy and Nada Meawad of Egypt battle at the net during the Women's Beach Volleyball Preliminary Pool A match on Day 4 of the Rio 2016 Olympic Games at the Beach Volleyball Arena on August 9, 2016 in Rio de Janeiro, Brazil.  (Photo by Ezra Shaw/Getty Images)Foto: Getty Images

Lantas, seperti apakah peraturan berpakaian dalam pertandingan voli pantai putri di Olimpiade?

Pada dasarnya, bikini bukan pakaian wajib bagi atlet voli pantai putri di Olimpiade. Dalam panduan busana setebal 22 halaman yang dikeluarkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) untuk Olimpiade Tokyo 2020, atasan kostum tanding untuk atlet putri mencakup tank top, baju lengan pendek, atau baju lengan panjang untuk penampilan yang lebih bersahaja atau ketika beraksi ketika cuaca dingin.

Adapun opsi bawahannya sendiri terdiri dari celana pendek, celana panjang. Atlet putri juga bisa memakai baju renang one-piece atau satu set bikini. Sementara itu, kostum atlet pria mencakup tank top dan celana selancar yang bisa dipadukan dengan baju lengan panjang dan legging untuk pertandingan kala cuaca dingin.

FIVB juga memberi keleluasaan bagi atlet yang harus berpenampilan tertentu sesuai latar belakang budaya atau keyakinan yang dianutnya.

Salah satu cabor yang dipertandingkan di Olimpiade Tokyo adalah voli pantai wanita. Pertandingan yang disiarkan salah satu stasiun televisi di Indonesia itu diprotes salah satu penonton.Salah satu pertandingkan voli pantai putri di Olimpiade Tokyo 2020. Tayangan pertandingan cabor di stasiun televisi di Indonesia tersebut diprotes seorang penonton karena menampilkan atlet berbikini. (Foto: Sean M Haffey/Getty Images)

"Olahraga voli pantai terbuka bagi siapa saja, dan peraturan busan ini memastikan bahwa olahraga ini inklusif baik secara budaya ataupun agama," demikian bunyi pernyataan FIVB seperti dikutip Associated Press.

Namun tak bisa dimungkiri bahwa voli pantai sangat lekat dengan bikini. "Voli Pantai adalah olahraga yang dikembangkan di Hawaii dan California Selatan, serta di pantai-pantai Rio (de Janeiro). Kamu bermain saat udara sedang panas, setelah itu kamu langsung loncat ke air laut," ujar April Ross, atlet voli pantai sekaligus pemenang di tiga Olimpiade.

Bagi April, kostum one-piece dirasa tak nyaman karena bisa menumpuk pasir pantai yang masuk. Menurutnya, hampir semua atlet sepakat, semakin minim pakaian, lebih baik.

April Ross yang turut ambil andil dalam membuat kostum voli pantai bersama rekannya, Alix Klineman, juga mengatakan, sangat penting tali pakaian tidak mengganggu pergerakan atau pernapasan atlet. "Bagi kami, inilah yang terasa paling nyaman," ujarnya.

Ia lalu menambahkan, "Kamu tidak ingin memakai pakaian tertutup di tengah cuaca yang panas. Sungguh tidak menyenangkan. Namun, aku sangat menghargai mereka yang mau memakai kostum yang lebih tertutup jika itu membuat mereka merasa lebih nyaman."

Kostum voli pantai yang tertutup pernah menjadi andalan tim voli pantai putri asal Mesir saat berlaga di Olimpiade Rio 2016.

"Aku berhijab sejak 10 tahun lalu dan itu tidak menghalangiku untuk menekuni apa yang aku cintai. salah satunya adalah voli pantai," kata Doaa Elghobashy, atlet voli pantai putri Mesir.

RIO DE JANEIRO, BRAZIL - AUGUST 09: Laura Giombini of Italy and Nada Meawad of Egypt battle at the net during the Women's Beach Volleyball Preliminary Pool A match on Day 4 of the Rio 2016 Olympic Games at the Beach Volleyball Arena on August 9, 2016 in Rio de Janeiro, Brazil.  (Photo by Ezra Shaw/Getty Images)Tim Italia melawan tim Mesir di pertandingan voli pantai putri Olimpiade Rio 2016. (Foto: Shaw/Getty Images)


Simak Video "Gaya Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Beri Penghormatan pada One Piece"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)