Leeteuk dan Yesung Super Junior Pakai Batik Jabar, Ini Cerita di Baliknya

Siti Fatimah - wolipop Selasa, 25 Mei 2021 14:15 WIB
Leeteuk Super Junior Leeteuk dan Yesung Super Junior pakai batik Jawa Barat buatan Ridwan Kamil. Foto: Dok. Instagram Leeteuk dan Yesung Super Junior
Jakarta -

Baru-baru ini unggahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jadi perbincangan hangat di media sosial. Postingan itu berisi unggahan ulang foto dua personel Super Junior yaitu Leeteuk dan Yesung yang mengenakan kemeja batik hasil rancangan Ridwan Kamil.

Dua pentolan legenda boy band Negeri Gingseng itu sebelumya sudah lebih dulu mengunggah foto pribadi mereka mengenakan kemeja dan blazer batik di akun instagramnya masing-masing. Pakaian dengan motif batik itu jadi kado yang diberikan oleh Ridwan Kamil.

Cerita di balik pembuatan desain dan kemeja batik yang digunakan Leeteuk dan Yesung Super Junior

Batik itu ternyata hasil proses kreatif Rumah Batik Komar, Kota Bandung dan desain batik dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Kolaborasi itu dilakukan sudah dari jauh hari, tepatnya saat Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Pendiri Batik Komar Komarudin Kudiya mengatakan, sketsa dasar motif batik itu dilakukan langsung oleh Ridwan Kamil. Sementara Batik Komar dipercaya sebagai tim produksi.

"Sketsa dasar motifnya itu Pak Ridwan Kamil, motif Garuda Kujang Kencana, sejak beliau masih menjadi Walkot Bandung. Proses produksinya dipercayakan ke Batik Komar, terus diproduksi batik cap tulis kombinasi," kata Komarudin saat dihubungi detikcom, Selasa (25/5/2021).

Leeteuk Super JuniorLeeteuk Super Junior pakai batik Jabar Foto: dok. Instagram xxteukxx

Lebih lanjut, bahan yang digunakan berjenis katun primisima halus. Dari waktu pengerjaan mulai dasar hingga pengecapan membutuhkan waktu masing-masing selama dua pekan.

"Tapi kalau yang dipakai artis Korea itu diminta stok berbagai macam warna, kombinasi motifnya. Ide yang menggunakan artis Korea juga dari Pak RK (Ridwan Kamil) karena sebelumnya kami sempat komunikasi dengan Dekranasda kalau batik ini juga terkena imbas pandemi," ujar Komar menambahkan.

Dia mengatakan, kolaborasi itu dilakukan untuk meningkatkan minat kain wastra khas Jabar. "Targetnya Pak RK mengangkat wastra Jabarnya, berharap batik di Jabar juga terangkat, saya juga berharap seperti itu. Jadi gaung ini mudah-mudahan akan bisa mewarnai pasar batik Jabar," kata Komar.

Terbukti, setelah digunakan Leeteuk dan Yesung Super Junior, pihaknya mendapatkan berbagai macam respons positif dari masyarakat.

"Minatnya luar biasa bahkan ada seorang anak yang pengen beli batik seperti itu. Tidak mesti yang seperti itu. Kita punya puluhan ribu desain tinggal keberanian aja cut and match nya. Mau bikin outer atau semu jas. Nanya harga itu sudah puluhan bahkan di Instagram yang lihat-lihat sudah ribuan tapi karena memang kita nggak menyiapkan retail yang seperti itu, kalau pesen baru kita siapkan," jelasnya.

Yesung Super JuniorYesung Super Junior pakai batik Jabar buatan Ridwan Kamil Foto: dok. Instagram yesung1106

Harapan Setelah Batik Jabar Viral karena Super Junior

Mendengar kabar viral batik produksinya dipakai boy band ternama, Komar mengaku bangga dan senang bisa melihat budaya Indonesia khususnya Jawa Barat di kancah Internasional.

"Setelah ada ide meningkat batik Jabar dari artis Korea kami merasa gembira dan senang sekali bahwa ide Pak RK melalui tokoh-tokoh yang digandrungi anak-anak muda sekarang. Karena artis itu jadi trendsetter. Tapi ini karena basically-nya dari budaya Indonesia khususnya Jabar kami bangga sekali," tuturnya.

Dia pun mengatakan, jika orang asing saja seperti Super Junior mau menggunakan batik maka tidak ada alasan bagi warga negara untuk malu melanjutkan dan menggunakan batik. "Mestinya kalau orang asing saja bangga, kenapa kita sebagai pewaris budaya malu menggunakan batik. Padahal batik kalau disentuh desainer akan lebih bagus," imbuh Komar.



Simak Video "Penampilan Personel Super Junior Pakai Batik Rancangan Ridwan Kamil"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)