58 Desainer Gelar Fashion Show di Tengah Sawah Dekat Candi Borobudur

Eko Susanto - wolipop Senin, 03 Mei 2021 15:30 WIB
Suasana fashion show yang berlangsung di lokasi area persawahan SvargaBumi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang -

Fashion show dengan model berjalan di atas catwalk sudah jamak. Lainnya jika fashion show tersebut berlangsung di tengah area persawahan.

Pemandangan seperti ini terlihat saat model berjalan di area persawahan destinasi wisata SvargaBumi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Para model berjalan di papan area persawahan di tengah teriknya matahari.

Fashion show yang mengambil tema 'When Culture Meet Nature' itu menampilkan sejumlah koleksi desainer lokal. Para desainer yang menampilkan karyanya antara lain Athan Siahaan, Ariesanthi, Linda Susanti, Lenny Hartono dan Rachel Wang. Selain itu, ada Stefan Adjie, Ucok M Sirait, Yayan Arsa dan Dimas Santoeso.

Totalnya ada 58 desainer yang karyanya ditampilkan dalam fashion show di tengah sawah ini. Para desainer tersebut datang dari Bali, Kalteng, Sumut, Yogyakarta dan Magelang. Sedangkan para modelnya dari sekitar Magelang.

Suasana fashion show yang berlangsung di lokasi area persawahan SvargaBumi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa TengahSuasana fashion show yang berlangsung di lokasi area persawahan SvargaBumi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Foto: Eko Susanto/detikcom

"Saya terinspirasi dari sebuah festival Indonesia yaitu festival payung Indonesia yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya dan saya merasa tertantang dengan acara tersebut. Saya mencoba memadukan sesuatu yang berbeda di sini itu, akhirnya jadi konsep ini," kata Athan Siahaan, salah satu desainer saat ditemui di SvargaBumi Borobudur, Senin (3/5/2021).

Pada masa pandemi ini, katanya, banyak desainer yang gulung tikar, dan berubah profesi. Oleh karena itulah desainer yang bertahan harus kreatif dalam menampilkan karya. Fashion show tidak harus di panggung yang besar dan megah, namun bisa di tengah sawah. Menurut Athan fashion show di lokasi persawahan dinilainya lebih merakyat dan membumi.

"Pentingnya mengangkat kearifan lokal yang ada di Indonesia terutama yang ada di Borobudur sini," ujarnya.

Area persawahan yang dipilih sebagai tempat fashion show berada di kawasan wisata SvargaBumi Borobudur. Alasan dipilihnya SvargaBumi, karena lokasinya berdekatan dengan Candi Borobudur.

Suasana fashion show yang berlangsung di lokasi area persawahan SvargaBumi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa TengahSuasana fashion show yang berlangsung di lokasi area persawahan SvargaBumi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Foto: Eko Susanto/detikcom

"Saya melihat semua tempat yang cocok dengan konsep saya di mana ada Borobudurnya masih terlihat dari SvargaBumi. Saya memilih SvargaBumi tempat yang sangat tepat karena dari sisi protokol kesehatan di masa pandemi sangat ketat sekali dan kebersihan juga luar biasa," tuturnya.

Salah satu model, Tita Juanita mengungkapkan kesannya usai tampil fashion show di tengah sawah. Baginya ini adalah pengalaman pertama karena sebelumnya fashion show yang diikuti berada di ruangan indoor.

"Pertama kalinya fashion show di sawah-sawah. Pastinya saya senang bisa ikut terlibat dalam fashion show ini dan semoga bisa menjadi pengalaman yang tidak bisa dilupakan," tuturnya.



Simak Video "164 Desainer Bakal Unjuk Gigi di Fashion Show Virtual 'ISEF 2020'"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)