7 Brand Lokal Akan Fashion Show di Turki, Ibu Negara Turki Jadi Penonton

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 05 Apr 2021 18:00 WIB
Fashion show 7 Brand indonesia di Ankara turky. Elzatta 7 brand fashion lokal akan menggelar fashion show di Turki. Foto: dok. MARKAMARIE.
Jakarta -

Turki dikenal sebagai pasar dan supplier modest fashion terbesar di dunia. Karena hal itulah tujuh brand lokal Indonesia akan mempromosikan produk mereka ke Turki.

Melalui sebuah acara yang digagas Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara dan #Markamarie (dikenal sebagai aggregator modest fashion Asia Tenggara), yaitu Introducing Indonesia, tujuh brand fashion muslim Indonesia akan menggelar fashion show di Turki. Tujuh brand lokal tersebut ada Elzatta salah satu pelopor brand modest fashion, Wearing Klamby brand dengan engangement tertinggi dengan 1,6 juta pengikut, Jawhara Syari (brand terkemuka yang berfokus pada gaya syari - gaya sepenunhnya tertutup), Tethuna (brand yang mengolah busana dengan detail Sulaman Karawo dan didukung oleh Bank Indonesia Gorontalo), Medina Zein (brand urban modest yang dipimpin oleh entrepreneur Medina Zein) dan dua emerging brands Restu Pratiwi (berfokus pada pakaian kantor) dan Hwan Eco Ethnic (brand scarf dengan desain etnik yang unik).

Fashion show 7 Brand indonesia di Ankara turky, Medina ZeinFashion show 7 Brand indonesia di Ankara Turki, Medina Zein Foto: dok. MARKAMARIE

Franka Soeria sebagai salah satu pendiri Markamarie dan Modest Fashion Expert mengatakan alasannya menggandeng ketujuh brand modest fashion lokal tersebut.

"Kita kalau mau promosiin Indonesia harus satu kesatuan dan dipilih brand yang sudah siap. Memang kita fokus ke ready to wear, karena mereka memproduksi dan dipakai sehari-hari. Makanya kita inklusif, ada beragam brand. Salah satu pemimpin dalam gaya syari, modern etnik, urban look, edgy look hingga brand scarf dengan motif fresh. Bukan cuma yang terkenal saja, tapi brand yang sudah siap. Semua harus mendapatkan kesempatan yang sama dalam satu kesatuan This is Indonesia," kata Franka saat webinar konferensi pers bertajuk Introducing Indonesia, Senin (5/4/2021).

Sedangkan Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, H.E Lalu Muhamad Iqbal mengungkapkan alasan penyelenggaraan Introduce Indonesia yang digelar 7 - 8 April 2021. Menurutnya fashion muslim karya desainer Indonesia mempunya potensi yang besar di Turki.

"Turki ini adalah perdagangan internasional, Middle East, Afrika Utara bahkan Asia Tengah. Di situ banyak pecinta fashion muslimah. Itu sangat besar potensinya. Melalui diplomasi fashion ini, kami bertujuan untuk menghubungkan pusat kedua negara muslim, Indonesia dan Turki, lebih dekat dari sebelumnya," kata Iqbal.

Fashion show 7 Brand indonesia di Ankara turky. Wearing KlambyFashion show 7 Brand indonesia di Ankara Turki. Wearing Klamby Foto: dok. MARKAMARIE.

Fshion Show di Tengah Pandemi

Franka mengatakan tak mudah untuk mengadakan acara fashion show di tengah pandemi. Namun di tengah situasi pandemi ini, brand fashion juga harus tetap bertahan di pasar.

"Tidak mudah untuk menyelenggarakan acara selama pandemi ini, namun kami menyadari bahwa brand membutuhkan aktivasi agar dapat bertahan di pasar. Peristiwa seperti ini akan memicu pasar menjadi lebih tangguh, "ujar Franka Soeria.

Iqbal menambahkan jika industri fashion mempunyai tiga pilihan di masa pandemi, yaitu berhenti, bekerja atau mencari jalan tengah. "Ini kan sudah amanah KBRI untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia di Turki, salah satunya kepentingan ekonomi sehingga kita memutuskan untuk tetap berjalan. Tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan. Apalagi kehadiran ibu negara nanti, ada safety check dan sterilisasi semua yang terlihat. Sehari sebelum acara adakan menjalani PCR semua," ujarnya panjang lebar.

Fashion show tujuh brand modest fashion Indonesia di Turki akan digelar selama dua hari. Selama dua hari fashion show, masing-masing brand fashion muslim lokal tersebut akan menampilkan lima koleksi.

Fashion show yang rencananya akan dihadiri ibu negara Turki Emine Erdogan itu akan tetap menerapkan social distancing dan protokol kesehatan ketat. Introducing Indonesia akan diadakan secara hybrid (offline dan online) pada 7-8 April 2021 mulai pukul 14.00-16.00 (waktu Turki) atau 18.00-20.00 WIB di Wisma Indonesia di Ankara.

Selain fashion show, ada juga pertunjukan angklung yang dibawakan oleh Dharma Wanita KBRI Ankara dan juga presentasi Prelude to Indonesian Fashion by #Markamarie oleh Franka Soeria.

Fashion show 7 Brand indonesia di Ankara turky, TethunaFashion show 7 Brand indonesia di Ankara TurkI, Tethuna Foto: dok. MARKAMARIE
(gaf/eny)