Fashion Show Unik di Tengah Pandemi, Digelar di Gua Selomangleng, Kediri

Andhika Dwi - wolipop Minggu, 22 Nov 2020 21:15 WIB
Dhoho Street Fashion, Kediri Dhoho Street Fashion, Kediri. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap tenun ikat Kediri menjadi seragam ataupun souvenir Jawa Timur. Hal itu disampakaikan Kofifah Indar Parawansa ketika membuka 6th Dhoho Street Fashion (DSF) di Gua Selomangleng Kota Kediri.

Menurut Kofifah, tenun ikat Kediri sangat berpotensi untuk dikembangkan ke skala yang lebih besar mengingat dalam hal industri fashion khususnya fashion syariah Indonesia masuk dalam 10 besar dunia.

"Kebetulan hari ini hadir Bapak Abdul Hakim Bafaqih, Komisi VI DPR RI yang membidangi industri, investasi, dan pariwisata. Saya kasih tantangan, tenun ikat Kediri jadi salah satu souvenir atau seragam. Bahkan menurut saya, DSF ini merupakan suatu bagian penting yang perlu dikembangkan dan nyambung dengan Pemrprov Jatim, kita bikin di Jakarta dan ketemu market dunia. Designer top Jakarta akan menyatu dengan kekuatan tenun Kediri," ucap Khofifah, Minggu (22/11/2020).

Dhoho Street Fashion, KediriDhoho Street Fashion, Kediri Foto: Dok. Istimewa

Dhoho Street Fashion yang menampilkan tenun ikat Kediri kali ini digelar di Gua Selomangleng, yang konon menjadi tempat bertapa Dewi Kilisuci Kediri. Ragam busana ditampilkan dalam 32 karya desainer nasional dan desainer Kota Kediri dalam tema Energy of Kilisuci.

Desainer yang tampil yaitu Priyo Oktaviano, Era Soekamto, dan Samira M. Bafagih. Sedangkan desainer Kota Kediri yaitu Azzkasim Boutique, Numansa Batik Dermo, Luxe Caesar Boutique, dan SMK N 3 Kota Kediri.

"Kilisuci adalah karakter perempuan yang punya prinsip dan rela berkorban untuk melindungi Kediri dari marabahaya. Beliau bertapa di gua ini," kata Ferry Silviana Abu Bakar, Ketua Dekranasda Kota Kediri.

Dhoho Street Fashion, KediriDhoho Street Fashion, Kediri Foto: Dok. Istimewa

Ferry Silviana berharap, DSF akan mengangkat tenun ikat kediri dan menggerakkan perekonomian para UMKM tenun ikat dari hulu ke hilir meski pandemi.

Karena pendemi, acara ini tidak mengundang masyarakat luas namun tetap disiarkan live melalu channel Youtube Kediri Tourism dan Abdullah Anu Bakar serta beberapa channel yang dimiliki Kota Kediri.

Dhoho Street Fashion yang digelar secara terbatas dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan ini dihadiri juga oleh Putri Indonesia 2020 Rr Ayu Maulida. Selain itu ada juga Ketua Dekranasda Prov. Jatim Arumi Bachsin dan anggota komisi VI DPR Abdul Hakim Bafaqih.



Simak Video "Melihat Dhoho Fashion Street di Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)