666 Pasang 'Sepatu Setan' Nike Ditarik, Uang Pembeli Dikembalikan

Hestianingsih - wolipop Minggu, 11 Apr 2021 08:00 WIB
Lil Nas X rilis sneakers bernama Satan Shoes. Lil Nas X rilis sneakers bernama Satan Shoes. Foto: Twitter/@saint
Jakarta -

Beberapa waktu lalu Nike memenangkan gugatan atas MSCHF terkait perilisan Satan Shoes atau Sepatu Setan yang juga melibatkan Lil Nas X sebagai kolaborator. Buntut dari kasus tersebut, MSCHF harus menarik sepatu yang telah diproduksi.

Hasil kesepakatan antara Nike dan MSCHF mengharuskan brand yang berbasis di Brooklyn itu menghentikan distribusi 666 pasang 'Sepatu Setan' yang telah dipesan. Seperti dikutip dari Reuters, Nike menyatakan kalau MSCHF juga bersedia mengembalikan semua uang yang telah dibayarkan para pembeli.

Satan Shoes merupakan produk sneakers kolaborasi MSCHF dan Lil Nas X. Sneakers berwarna hitam-merah tersebut merupakan hasil modifikasi sepatu Nike Air Max 97.

Lil Nas X rilis sneakers bernama Satan Shoes.Lil Nas X rilis sneakers bernama Satan Shoes. Foto: Twitter/@saint

Peluncuran sneakers ini menuai kontroversi karena memasukkan unsur-unsur satanist pada rancangannya. Sepatu dihiasi pentagram yang dikenal sebagai simbol pemujaan setan dan pada bagian sol diisi tinta merah yang dicampur dengan darah manusia.

Nike pun keberatan salah satu produk ikonik mereka dimodifikasi dan dijual secara komersil tanpa izin. Terlebih lagi logo 'swoosh' terpampang jelas pada bodi sepatu sehingga dikhawatirkan menimbulkan kebingungan di kalangan konsumen, apakah Nike benar berkolaborasi menciptakan Satan Shoes atau tidak.

Nike pun menegaskan kalau pihaknya tidak terlibat sama sekali dalam produksi Satan Shoes. Merasa dirugikan, mereka memutuskan melayangkan gugatan secara resmi.

"MSCHF dan Satan Shoes tak berizin telah menimbulkan kebingungan dan ambigu dan menyebabkan keterkaitan yang keliru antara produk-produk MSCHF dan Nike," demikian pernyataan Nike dalam tuntutannya, seperti dikutip dari BBC.

Sementara itu Lil Nas X sebagai artis yang ditunjuk untuk kolaborasi tidak 'disentuh' oleh Nike. Dia terhindar dari tuntutan karena bukan sebagai produsen maupun penggagas ide utama.

(hst/hst)