Koleksi Batik 'Raya', Kolaborasi Unik Disney dan Iwan Tirta Private Collection

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 26 Feb 2021 18:30 WIB
Batik Disneys Raya Disney gandeng Iwan Tirta Private Collection untuk membuat batik edisi khusus film 'Raya and the Last Dragon' yang kisahnya diangkat dari kebudayaan negara-negara di Asia Tenggara. (Foto: Dok. Disney Indonesia & Iwan Tirta Private Collection)
Jakarta -

'Raya and the Last Dragon' menjadi salah satu sajian spesial Disney untuk tahun ini karena untuk pertama kalinya dalam sejarah raksasa hiburan asal Amerika Serikat ini membuat film animasi yang kisahnya diangkat dari keragaman budaya di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sebuah kolaborasi yang melahirkan koleksi batik eksklusif pun hadir untuk menyambut film ini.

Menjelang peluncuran 'Raya and the Last Dragon' pada Maret mendatang, Disney Indonesia menggandeng sejumlah seniman Tanah Air. Selain dari dunia musik yang diwakili oleh Raisa dan Via Vallen, ada pula rumah batik ternama Iwan Tirta Private Collection.

Batik adalah salah satu elemen budaya Indonesia yang muncul di film yang hampir semua para pengisi suara karakternya merupakan aktor dan aktris ternama Hollwyood keturunan Asia seperti Kelly Marie Tran, Awkwafina, Sandra Oh dan Gemma Chan itu.

RAYA AND THE LAST DRAGONCuplikan film 'Raya and the Last Dragon' yang menampilkan batik. (Foto: Walt Disney Animation Studios)

Untuk koleksi 'Raya and the Last Dragon' , Iwan Tirta Private Collection yang didirikan oleh maestro batik Iwan Tirta itu mempersembahkan tiga rancangan dengan inspirasi motif dari keragaman corak pakaian masyarakat fiktif bernama Kumandra yang menjadi pusat cerita di film tersebut. Salah satunya corak naga.

Pemilihan motif juga berdasarkan karakter si pemakai, yakni tiga selebriti 'penggemar Disney': Sandra Dewi, Raisa, dan Chicco Jerikho. Pada akhirnya, terpilihlah tiga motif klasik Kawung Gringsing, Nogo Rojo, dan Nogo Poso.

Batik Disney's RayaBatik Disney's Raya Foto: Dok. Disney Indonesia & Iwan Tirta Private Collection

"Raisa memakai Nogo Rojo yang bermakna keberuntungan. Diharapkan, bisa membawa keberuntungan bagi yang memakai," kata Rindu Melati Pradnyasmita, Marketing Manager Iwan Tirta Private Collection, dalam jumpa pers virtual, Jumat (26/2/2021).

Adapun motif Kawung Gringsing, tambah Rindu, bermakna mengayomi. Sementara itu, warna yang diangkat antara lain biru, hijau dan merah.

Meniru Rindu, tak ada tantangan signifikan dalam membuat koleksi ini. "Mungkin hanya waktu yang terbatas. Biasanya, butuh setahun untuk membuat sebuah koleksi batik, tapi kali ini waktunya cukup singkat," terang Rindu.

Batik Disney's RayaBatik Disney's Raya Foto: Dok. Disney Indonesia & Iwan Tirta Private Collection

Untuk saat ini, koleksi tersebut hadir bukan untuk keperluan komersial. Masyarakat bisa melihat koleksi lengkapnya saat Raisa, Dewi Sandra dan Chicco Jerikho memakainya pada peluncuran film 'Raya and the Last Dragon'.

Ini bukan kali pertama Disney Indonesia dan Iwan Tirta Private Collection berkolaborasi. Pada perayaan ulang tahun ke-90 Mickey Mouse, diluncurkan koleksi batik spesial yang mengawinkan motif berbentuk Si Tikus legendaris tersebut dengan motif klasik khas Iwan Tirta.

Raya seeks the help of the legendary dragon, Sisu. Seeing what's become of Kumandra, Sisu commits to helping Raya fulfill her mission in reuniting the lands. Featuring Kelly Marie Tran as the voice of Raya and Awkwafina as the voice of Sisu, Walt Disney Animation Studios' Film 'Raya and the Last Dragon' (Foto: DISNEY)
(dtg/dtg)