Jokowi Pakai Batik Sawunggaling di Imlek 2021, Anne Avantie Ungkap Maknanya

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 23 Feb 2021 17:24 WIB
Kemeja Imlek Jokowi Karya Anne Avantie Jokowi di Perayaan Imlek Nasional 2021. (Foto: Dok. Setneg)
Jakarta -

Untuk kesekian kalinya, karya desainer Anne Avantie dipakai Presiden RI Joko Widodo. Teranyar, kemeja merah untuk hari raya Imlek 2021.

Anne Avantie secara khusus mendesain sebuah kemeja untuk Jokowi pakai di Perayaan Imlek Nasional 2021 yang digelar pada Sabtu (20/2/2021), secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Meski di Imlek tahun lalu karyanya juga dikenakan orang nomor satu di RI tersebut, Anne Avantie tak menyangka dirinya mendapat kepercayaan yang sama kembali.

"Jujur saya kaget. Saya pikir Beliau akan gantian pakai baju buatan desainer lain," ungkap desainer asal Semarang, Jawa Tengah, itu kepada Wolipop detikcom, Selasa (23/2/2021).

Kepercayaan tersebut pun tak disia-siakan oleh Anne Avantie. Ia memanfaatkannya untuk membuat sebuah desain yang lebih berkarakter dan di luar dari gaya berpakaian Jokowi yang menurutnya konservatif.

Lahirlah, sebuah kemeja pria berkerah cheongsam atau changsan dalam warna merah mencolok. Berbeda dari pakaian tahun lalu, Anne Avantie mengaplikasikan secara asimetris batik bermotif burung sawunggaling yang hampir memenuhi sisi kanan kemeja.

Kemeja Imlek Jokowi Karya Anne Avantie Anne Avantie dan kemeja untuk Jokowi pakai di Perayaan Imlek Nasional 2021. (Foto: Dok. Anne Avantie)

Prada emas yang menghiasi aplikasi tersebut kian mempertegas keunikan kemeja Imlek Jokowi. "Banyak rekan sesama desainer yang bilang terkejut melihat Pak Jokowi pakai baju seperti ini," tambah Anne Avantie.

Bukan sekadar untuk mempermanis estetika, ornamen tersebut tetap memiliki filosofi tersendiri. Misal warna merah, kata Anne, menyimbolkan semangat dan keberuntungan. Sementara itu, warna emas merepresentasikan keemasan dari sebuah peluang.

"Burung sawunggaling menunjukkan sebuah keindahan, kekuatan dan ketegaran," kata Anne Avantie yang mengerjakan pakaian tersebut selama sepekan.

Kemeja Imlek Jokowi Karya Anne AvantieKemeja Imlek Jokowi Karya Anne Avantie (Foto: Dok. Setneg)
(dtg/dtg)