Menkeu Sri Mulyani Bicara Soal Busana Termahal Miliknya

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 11 Des 2020 05:30 WIB
MPR menggelar sidang tahunan hari ini. Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden terpilih Maruf Amin dan menteri kabinet Jokowi hadir. Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Di samping kebijakan fiskalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani sesekali mencuri atensi karena gaya busananya. Di mana Ibu Ani, begitu sapaan akrabnya, biasa membeli pakaian dan berapa harga busana termahal yang pernah dimilikinya?

Sri Mulyani sempat berbicara soal gaya busananya saat berbicara di program 'Blak-blakan Sri Mulyani Tentang Utang dan Korupsi Vaksin' yang tayang di detikcom, Rabu (9/12/2020).

Untuk urusan busana, Sri Mulyani mengaku bukan tipikal orang yang harus memakai busana buatan khusus untuknya. "Nggak, saya membeli yang ada, tapi ada kakak ipar saya punya butik kecil, dia selalu membikinkan saya baju-baju kalau saya mau pakai baju baru," kata mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani berjalan memasuki ruangan untuk mengikuti rapat kerja tertutup dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/7/2020). Rapat itu membahas surat menteri keuangan terkait perkembangan skema burden sharing pembiayaan pemulihan ekonomi nasional. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.(Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Selain dari sanak saudara yang punya usaha butik, Sri Mulyani juga kerap menggunakan busana dagangan kerabat atau istri temannya. Bagi perempuan kelahiran Bandar Lampung, 58 tahun lalu itu, ada rasa senang tersendiri karena bisa ikut membantu industri kreatif Indonesia.

"Ini bentuk apresiasi kita dan orang Indonesia itu luar biasa kreatifnya, bahan bisa dipindah, diganti kombinasinya luar biasa, itu merupakan apresiasi luar biasa," tambah Sri Mulyani.

Kendati demikian, Sri Mulyani menegaskan bahwa dirinya tak diperkenankan untuk menerima endorsement sebagai seorang pejabat negara. Bila menerima sesuatu yang harganya lebih dari Rp 1 juta, ia harus melapor kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Jadi kadang-kadang, kalau ada yang kirim ya saya lapor, kan KPK mengatakan kalau mau dimiliki ya kita beli saja, jadi saya harus membayar dan saya rasa etika itu bagus," tutur ibu tiga anak itu.

Sri Mulyani ke Istana (Andhika/detikcom)(Foto: Andhika/detikcom)

Menjawab pertanyaan busana termahal yang pernah dibelinya, Sri Mulyani merasa perlu untuk menghargai sebuah proses kreatif di balik pembuatan busana tertentu.

"Kalau dari desainer kan kadang-kadang, karena itu proses kreativitas mereka, bukan karena bahannya dan hal-hal yang kita hargai, sama seperti seniman, kreatornya, yang mesti kita hargai adalah daya cipta mereka, kreativitas mereka, biasanya yang itu agak mahal, tapi most likely saya beli yang sudah ada di toko," kata dia.

Untuk kesempatan khusus, Sri Mulyani beberapa kali menggunakan kebaya yang dirancang oleh Didiet Maulana. Misal, saat menghadiri upacara sekaligus perayaan HUT Ke-74 Republik Indonesia di Istana Merdeka tahun lalu, Didiet membuatkannya sebuah kebaya yang dinamai 'Kebaya Kartini Nusa'. Menariknya, kebaya brokat merah itu dipadukan dengan kain kuno bermotif Tirto Tejo Buketan dan dipasangkan dengan selendang batik antik yang semuanya berusia 50 tahun.

Sri Mulyani Pakai Karya Didiet MaulanaSri Mulyani memakai kebaya karya Didiet Maulana saat HUT ke-74 RI tahun lalu. (Foto: Dok. Didiet Maulana)
(dtg/dtg)