Jadi Menteri Keuangan Lagi, Ini 4 Hal yang Bisa Dipelajari dari Sri Mulyani

Hestianingsih - wolipop Selasa, 22 Okt 2019 12:08 WIB
Sri Mulyani kembali dipercaya sebagai Menteri Keuangan di pemerintahan periode kedua Joko Widodo.. Foto: Andhika Prasetia/detikcom Sri Mulyani kembali dipercaya sebagai Menteri Keuangan di pemerintahan periode kedua Joko Widodo.. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Jakarta - Sri Mulyani Indrawati kembali ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Keuangan di periode II kepemimpinannya. Wanita 57 tahun ini memang dikenal sebagai sosok yang kuat di sektor ekonomi. Ia pun beberapa kali menoreh prestasi di dalam negeri maupun dunia internasional.

Ingin sukses seperti Sri Mulyani? Ini empat hal yang bisa dipelajari dari wanita yang pernah menyabet gelar Finance Minister of The Year 2008 se-Asia tersebut.

1. Serius Tapi Santai

Jadi Menteri Keuangan Lagi, Ini 4 Hal yang Bisa Dipelajari dari Sri MulyaniFoto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Seperti dilansir Hai Bunda, Sri Mulyani menganggap dirinya serius tapi santai dalam menjalankan mandat sebagai menteri keuangan. Ia juga cukup tegas memimpin Kementerian Perkenomian yang berada di bawah wewenangnya selama menjabat. Sebab menurutnya pekerjaan yang diamanatkan padanya sangat penting bagi kepentingan masyarakat.

"Saya merasa waktu yang saya habiskan itu the most valuable time. Karena kerja buat publik, this is very serious for your country, kalau saya tidak mengerjakan dengan sebaik-baiknya berapa banyak orang merasa wasted (sia-sia)," ujarnya.

2. Bekerja dengan Passion
Jadi Menteri Keuangan Lagi, Ini 4 Hal yang Bisa Dipelajari dari Sri MulyaniFoto: Sri Mulyani ke Istana (Andhika/detikcom)

Pekerjaan bukan sekadar menunaikan kewajiban bagi Sri Mulyani. Wanita kelahiran Bandar Lampung ini menganggap pekerjaannya sebagai passion. Keinginannya ikut memajukan perekonomian Indonesia membuatnya bekerja dengan sungguh-sungguh. Dia pun memberikan nasihat pada generasi millennial agar bisa sukses menggapai cita-cita maupun dalam karier.

"Kalau anda menemukan passion pada diri Anda, tidak perlu pusing karena menemukan enjoyment pada diri anda. Jadi artinya you have to find what you like," kata Sri Mulyani.

3. Mementingkan Pendidikan
Jadi Menteri Keuangan Lagi, Ini 4 Hal yang Bisa Dipelajari dari Sri MulyaniFoto: Dok. Kementerian Keuangan

Sri Mulyani dibesarkan dalam keluarga yang sangat mementingkan pendidikan tinggi. Sang ibunda, Prof. Dr Retno Sriningsih Satmoko, menekankan kepada 10 anaknya termasuk Sri Mulyani, untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya dan membaginya ke banyak orang.

Sri Mulyani sendiri merupakan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Setelah lulus S1, anak ke-7 dari 10 bersaudara ini melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di University of lllinois Urbana Champaign, Amerika Serikat.

4. Menyuarakan Kesetaraan Gender
Jadi Menteri Keuangan Lagi, Ini 4 Hal yang Bisa Dipelajari dari Sri MulyaniFoto: Lamhot Aritonang

Dalam setiap forum mengenai perempuan, Sri Mulyani kerap kali menyuarakan tentang pentingnya kesetaraan gender. Bahwa pria dan wanita seharusnya berada dalam posisi sejajar agar tercapai keseimbangan dalam bermasyarakat. Dia pun mengibaratkan kesetaraan gender seperti alas kaki. Pria dan wanita layaknya sepatu kiri dan kanan. Apa maksudnya?

"Kalau sepatu kiri saya haknya tujuh senti, satunya satu senti, aku enggak enak berdirinya pasti jalannya jingklok-jingklok," ucap ibu tiga anak ini.

Sri Mulyani kembali menjelaskan, jika diibaratkan negara dan masyarakat adalah tubuh kita, maka kedua kaki sebagai pondasinya haruslah dibuat sejajar yakni memakai sepatu dengan tinggi hak yang sama. Dengan begitu negara akan mendapatkan topangan yang bagus.

"Akan bisa lari kencang, bisa melakukan banyak aktivitas kalau sepatu haknya sama," ucap Sri Mulyani.

Simak Video "Cantiknya Menteri Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti di HUT Ke-74 RI"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)