Indonesia Fashion Week 2020 Digelar Virtual, Desainer Hanya Bisa Pamer 5 Baju

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 09 Nov 2020 18:31 WIB
Indonesia Fashion Week 2020 akan digelar secara virtual Foto: Instagram @indonesiafashionweekofficial
Jakarta -

Pekan mode Indonesia Fashion Week yang sudah diadakan sejak 2012 akan digelar secara berbeda di 2020 ini. Pandemi COVID-19 membuat penyelenggaraan Indonesia Fashion Week 2020 digelar secara virtual.

Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia(APPMI) akan menggelar Indonesia Fashion Week (IFW) 2020 ke-9 dengan format virtual atau online. Indonesia Fashion Week 2020 akan diadakan pada 14 -15 November 2020 melalui channel YouTube Indonesia Fashion Week Official.

Poppy Dharsono selaku presiden Indonesia Fashion Week sekaligus Ketua APPMI, mengatakan IFW 2020 digelar secara online untuk mendukung program pemerintah dan masyarakat. IFW 2020 tetap digelar meskipun virtual menurut Poppy juga untuk memberikan semangat pada para pelaku industri fashion.

"Indonesia Fashion Week memiliki tanggung jawab moral kepada publik dan kepada pemerintah juga semua stakeholder yang selalu mensupport APPMI. Kita semua di APPMI dan tim IFW ini juga belajar sesuatu yang baru. Ke depannya kita semua harus beradaptasi dengan kehidupan baru, perilaku dan langkah baru di pandemi ini. Untuk memberikan spirit juga kepada pelaku industri fesyen agar di masa pandemi ini kita tetap harus jalan," kata Poppy Dharsono dalam konferensi pers Indonesia Fashion Week Virtual, "Treasure of The Magnificent Borneo" Senin (9/11/2020).

Digelar secara online, IFW 2020 pun dibuat berbeda dengan biasanya. Poppy mengatakan jika biasanya para desainer memperlihatkan koleksi busana sekitar 10-20 koleksi, kini hanya bisa menampilkan lima koleksi busana saja. Meski hanya menampilkan lima koleksi, hal tersebut tak menyurutkan semangat para desainer untuk memamerkan karya di IFW 2020.

"Yang terpenting adalah desainer ini terlihat kreatif dan tetap memberikan warna, walau pun dalam suasana pandemi. Ada lebih dari 65 desainer yang ikut serta. Saya bersyukur sekali karena dalam waktu yang cepat mereka dengan senang hati dan mereka tetap bisa ikut berpartisipasi," lanjut Poppy.

Sederet desainer ternama yang tampil memperlihatkan karya dalam Indonesia Fashion Week 2020 di antaranya Ida Royani, Agnes Budhisurya, Sugeng Waskito, Tuty Adib dan Jenny Cahyawati. Dan selain fashion show, IFW juga akan menghadirkan talkshow yang inspiratif seputar dunia fashion.

Pada IFW 2020 ini, APPMI juga bekerja sama dengan Indonesia Global Compact Network (IGNC), aliansi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa(PBB) untuk program fashion berkelanjutan. Hal ini dilakukan agar industri fashion ramah lingkungan semakin banyak di Indonesia.

(gaf/eny)