Perhiasan Karya Desainer Indonesia Disukai Artis Hollywood, Ini Alasannya

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 11 Sep 2020 14:17 WIB
Kristen Bell accepts the #SeeHer award at the 25th annual Critics Choice Awards on Sunday, Jan. 12, 2020, at the Barker Hangar in Santa Monica, Calif. (AP Photo/Chris Pizzello) Aktris Hollywood Kristen Bell memakai perhiasan berlian karya desainer Indonesia (Foto: AP Photo/Chris Pizzello)
Jakarta -

Perhiasan berlian karya desainer Indonesia sempat menemani gemerlap penampilan glamor artis Hollywood di karpet merah musim penghargaan pada awal tahun ini. Lantas, apa yang membuat perhiasan-perhiasan tersebut begitu stand-out sehingga dipilih oleh para bintang?

Awal Januari lalu, di Critics' Choice Awards 2020, aktris Kristen Bell menerima penghargaan khusus See Her atas kontribusinya sebagai perempuan di dunia seni peran.

Untuk momen spesial tersebut, pengisi suara Anna di Frozen ini memakai jumpsuit satin hijau neon karya Cong Tri yang elegan dengan cape asimetris. Gayanya lalu disempurnakan dengan anting berlian yang menjuntai dari Forevermark, merek perhiasan asal Inggris.

Aksesori tersebut datang dari Indonesia. Ia memakai anting yang dibuat oleh tim desainer in-house PT. Central Mega Kencana (CMK), mitra resmi Forevermark di Indonesia.

Tak lama setelahnya, giliran Rachel Brosnahan yang memakai anting berlian Forevermark made-in Indonesia di ajang Screen Actors Guild (SAG) Awards 2020. Perhiasan yang dinamai Conscientia Long Drop Earrings itu dihiasi berlian 13,70 karat dan emas putih 18K seberat 13.94 gram.

LOS ANGELES, CALIFORNIA - JANUARY 19: Rachel Brosnahan, winner of Outstanding Performance by an Ensemble in a Comedy Series for 'The Marvelous Mrs. Maisel', poses in the press room during the 26th Annual Screen Actors Guild Awards at The Shrine Auditorium on January 19, 2020 in Los Angeles, California. (Photo by Jon Kopaloff/Getty Images)Rachel Brosnahan di SAG Awards 2020. (Foto: Jon Kopaloff/Getty Images)

Anting berdesain mirip pita itu menyempurnakan penampilan sang bintang 'The Marvelous Mrs. Maisel' yang menebar pesonanya dalam balutan gaun biru menyala Stella McCartney.

Di After Party Oscar yang digelar oleh Vanity-Fair, perhiasan berlian dari Indonesia kembali eksis. Kali ini, sebuah cincin yang dinamai Mother Earth itu menemani gaya aktris sekaligus bintang serial 'This is Us', Chrissy Metz.

Xinyu Xu, perwakilan Forevermark Global, mengatakan, perhiasan karya desainer Indonesia memiliki daya tarik tersendiri sehingga memikat hati para selebriti Hollywood untuk memakainya.

"Mereka (desainer) menggali inspirasi dari elemen tradisional," kata Xinyu saat Virtual Media Viewing 2020 Forevermark Red Carpet Collection, Kamis (10/9/2020).

desainer perhiasanProses mendesain perhiasan berlian selebriti Hollywood dari Forevermark Indonesia. (Foto: Dok. PT CMK)

Setiap tahun menjelang musim penghargaan, Forevermark mengumpulkan berbagai desain perhiasan dari sejumlah negara untuk dipilih oleh para stylist selebriti Hollywood.

Dari Indonesia tahun ini, terdapat 19 desain perhiasan yang dikirim PT CMK untuk 'bersaing' dengan perhiasan dari negara lain (perhiasan tersebut merupakan karya 25 desainer in-house PT CMK). Para stylist selebriti lalu memilih perhiasan mana yang sesuai dengan kepribadian dan selera gaya kliennya.

"Saya ingat, ada anting yang terinspirasi dari batik parang. Desain yang seperti ini tidak akan ditemukan di koleksi perhiasan dari negara lain," katanya.

Menurut Xinyu Xu, elemen budaya yang tersirat di desain perhiasan karya Indonesia erat kaitannya dengan cerita dan kisah yang menarik. "Karena pekerjaan aktor adalah sebagai storyteller, mereka pun ingin menceritakan sesuatu lewat perhiasan yang dipakai," ungkap Xinyu.

Ia menambahkan, para selebriti dunia juga menyukai karya desainer Indonesia karena rancangannya mengandung konsep alam. "Tak heran kalau Chrissy Metz memilih cincin Mother Earth," katanya.

(dtg/dtg)