Gantikan Karl Lagerfeld, Kim Jones dari Dior Jadi Desainer Fendi

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 10 Sep 2020 14:38 WIB
PARIS, FRANCE - JUNE 23:  Bella Hadid attends the Dior Homme Menswear Spring/Summer 2019 show as part of Paris Fashion Week on June 23, 2018 in Paris, France.  (Photo by Francois Durand/Getty Images for Dior) Kim Jones bersama model Naomi Campbell dan Kate Moss. (Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images)
Milan -

Sudah setahun lebih Fendi berjalan tanpa pengganti Karl Lagerfeld, mendiang desainer sekaligus direktur artistiknya yang meninggal Februari 2019 lalu. Dan akhirnya, rumah mode asal Italia tersebut mengumumkan bahwa posisi tersebut sudah terisi.

LVMH, selaku pemilik Fendi, menunjuk Kim Jones untuk menggantikan Karl Lagerfeld sebagai direktur artistik Fendi. Ia akan bertanggung jawab menangani koleksi adibusana (haute couture), busana siap pakai dan koleksi pakaian berbulu.

"Kim Jones akan bekerja dengan Silvia Venturini Fendi, generasi ketiga dari keluarga Fendi, yang akan tetap mendesain aksesori dan koleksi busana pria," tulis Fendi dalam keterangan resmi yang diterima Wolipop, Rabu (9/9/2020).

MILAN, ITALY - SEPTEMBER 18: Karl Lagerfeld and Silvia Venturini Fendi  acknowledge the applause of the audience after the Fend show as a part of Milan Fashion Week Womenswear Spring/Summer 2015 on September 18, 2014 in Milan, Italy.  (Photo by Tullio M. Puglia/Getty Images)Karl Lagerfeld dan Silvia Venturini Fendi saat fashion show Fendi di Milan Fashion Week Womenswear Spring/Summer 2015. (Foto: Getty Images/Tullio M. Puglia)

Seperti Karl Lagerfeld yang tetap menjabat sebagai direktur kreatif Chanel ketika mengabdi untuk Fendi selama 54 tahun, Kim Jones juga akan tetap mendesain untuk Dior Men.

Kim Jones digandeng LVMH untuk mengepalai tim desain Dior Men pada 2018 setelah tujuh tahun memegang posisi yang sama di Louis Vuitton.

"Bekerja di dua rumah mode ternama sekaligus adalah sebuah kehormatan bagi seorang desainer dan dapat bergabung dengan Fendi sembari melanjutkan karya saya di Dior Men sungguh menjadi kesempatan yang istimewa," kata Kim Jones.

Dari segi garis desain, pria asal Inggris itu dikenal memiliki ciri khas memadukan unsur street-style yang kekinian dengan potongan klasik yang elegan dan mewah. Di bawah arahan Kim, Dior juga melakukan kolaborasi yang sukses merebut hati pasar milenial. Salah satunya sneakers Dior x Air Jordan yang laris terjual meski harganya mencapai puluhan juta rupiah.

MIAMI, FLORIDA - DECEMBER 03: A model walks the runway at Dior Men's Pre-Fall 2020 Runway Show on December 03, 2019 in Miami, Florida. (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)Koleksi Dior Men karya Kim Jones yang menampilkan sneakers Dior x Air Jordan. (Foto: Frazer Harrison/Getty Images)

"Talenta Kim Jones sangat luar biasa dan sejak bergabung dengan kami, dia terus membuktikan kemampuannya untuk beradaptasi dengan warisan LVMH sambil melakukan pendekatan yang modern dan penuh kelantangan," kata Chairman LVMH Bernard Arnault.

Dengan jam terbang yang cukup lama di ranah mode, Kim yang merupakan lulusan Central Saint Martins diharapkan dapat membawa sentuhan baru di rumah mode yang telah eksis sejak 1925 tersebut.

"Saya menyambut dengan hangat kehadiran Kim yang sudah seperti teman dekat saya sendiri. Saya sudah tak sabar untuk membawa dunia Fendi ke level yang lebih tinggi lagi bersamanya," ungkap Silvia Fendi.

Penunjukkan Kim tersebut semakin mewarnai dinamika industri fashion di tengah pandemi. Juni lalu, LVMH juga mengumumkan Matthew Williams sebagai direktur kreratif Givenchy. Prada pun menggandeng mantan desainer Calvin Klein, Raf Simons, untuk berkolaborasi.

Koleksi perdana Kim Jones untuk Fendi dijadwalkan naik pentas pada Februari 2021 saat Milan Fashion Week.

(dtg/dtg)