Kronologi Barli Asmara Meninggal, Dari Pindah ke Bali Hingga Masuk ICU

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 28 Agu 2020 12:19 WIB
Fokus Barli Asmara Barli Asmara meninggal dunia dan dimakamkan di Bali. Foto: instagram @barliasmara
Jakarta -

Barli Asmara meninggal dunia Kamis (27/8/2020) karena sakit radang otak. Barli pergi untuk selamanya di Bali, tidak lama setelah sang desainer memutuskan pindah ke Pulau Dewata tersebut.

Berikut kronologi Barli Asmara meninggal dunia:

Barli Asmara Pindah ke Bali

Barli Asmara memutuskan pindah ke Bali pada akhir Juli 2020. Dia sempat mengundang sahabat-sahabat terdekatnya untuk pesta perpisahan di rumahnya di Jakarta pada 14 Juli 2020.

Salah satu yang hadir di acara perpisahan itu adalah desainr Dian Pelangi. Dian mengunggah kenangan momen terakhirnya bertemu langsung dengan desainer yang bersahabat dengannya hingga merilis koleksi hijab Pelangi Asmara itu.

"14 Juli 2020 terakhir ketemu kak Barli. Farewell dinner sebelum kakak pindah ke Bali," tulis Dian Pelangi di Instagram Story @dianpelangi.

Pemakaman Barli AsmaraPemakaman Barli Asmara Foto: Instagram @ sonebb

Barli Asmara Masuk Rumah Sakit

Asisten Dian Pelangi, Achmad Musonef atau akrab disapa Soneb yang ikut hadir di acara farewell dinner sang desainer mengungkapkan, tidak lama setelah pindah ke Bali, Barli Asmara masuk rumah sakit.

"Tiga minggu yang lalu masuk rumah sakit di Bali karena sakit lambung," ujar Soneb yang juga bersahabat dengan Barli itu saat dihubungi Wolipop, Kamis (27/8/2020).

Sepengetahuan Soneb, Barli memang sempat keluar-masuk rumah sakit setelah tinggal di Bali. Dan selama Barli berada di rumah sakit, Soneb mengaku, dia dan Dian Pelangi tetap berhubungan dengan sang desainer. Apalagi Barli dan Dian merilis koleksi hijab Pelangi Asmara untuk Lebaran Haji 2020.

"Merilis koleksi untuk Lebaran Haji. Masih aktivitas seperti biasa saat itu," katanya.

Barli Asmara Dirawat di ICU

Setelah sempat sakit lambung, Barli Asmara kembali masuk rumah sakit. Menurut artis Ririn Ekawati yang merupakan salah satu sahabat dari Barli, sang desainer dirawat di ICU sebelum meninggal dunia.

"Iya sudah lima hari di ICU di rumah sakit di Bali," ungkap Ririn Ekawati saat dihubungi Wolipop lewat telepon, Kamis (27/8/2020).

Ririn mengaku hanya bisa mengetahui kondisi Barli dari kerabat sang desainer yang berada di Bali. "Dia masuk rumah sakit di sana makanya aku cuma bisa komunikasi sama kerabat dekat yang jagain dia di sana," kata artis sudah menganggap Barli Asmara seperti keluarganya sendiri itu.

Barli Asmara Meninggal Dunia

Pada Kamis (27/8/2020), sederet artis dan desainer Indonesia menyampaikan kabar duka mengenai meninggalnya Barli Asmara ke akun Instagram mereka. Salah satunya adalah Zaskia Sungkar yang menjadi rekan desainer Barli saat memamerkan koleksi busana di New York Fashion Week hingga Jakarta Fashion Week.

"Kk 😭❤️ innalillahi wa inna ilaihi rojiun," tulis Zaskia di Instagramnya pada Kamis (27/8/2020).

Pemakaman Barli AsmaraKeluarga di Pemakaman Barli Asmara Foto: Instagram @ sonebb

Barli Asmara Meninggal karena Radang Otak

Keluarga Barli Asmara melalui ayahnya Baron Asmara pun menyampaikan pernyataan resmi terkait meninggalnya Barli Asmara.
"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, Telah wafat anak, cucu, kakak, adik, keponakan kami Barli Perdana Asmara bin Baron Asmara, 42th, Kamis, 27 Agustus 2020, pk.15.00 WITA di Bali. Mohon maaf maaf atas segala kesalahan alm & mohon doa utk alm," demikian pesan yang disampaikan pihak keluarga besar Baron Asmara kepada Wolipop, Kamis (27/8/2020).

Keluarga besar Barli Asmara juga menyampaikan kenapa desainer yang sudah pernah menampilkan karyanya di New York Fashion Week itu meninggal dunia. Barli meninggal karena radang otak. "Radang otak kena virus Toxo," ungkap keluarga Barli.

Barli Asmara kini sudah dimakamkan oleh keluarganya di salah satu pemakaman muslim di kawasan Seminyak, Bali, Jumat (28/8/2020). Kedua orangtua Barli, Baron Asmara dan Ida Asmara tampak mendampingi putra mereka hingga peristirahatan terakhirnya.



Simak Video "Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Barli Asmara"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)