Virtual Fashion Show Terbesar di Indonesia Semarakkan HUT Ke-75 RI

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 17 Agu 2020 13:00 WIB
Nusantara Fashion Festival 2020 Nusantara Fashion Festival 2020. (Foto: Instagram/@nuff.id)
Jakarta -

Selalu ada jalan menuju Roma, begitu pula dalam hal berekspresi di tengah pandemi COVID-19. Puluhan pelaku industri mode Tanah Air pun bersatu secara virtual di Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 yang sekaligus digelar untuk merayakan HUT ke-75 RI.

Berlangsung pada 16-17 Agustus, NuFF 2020 diklaim sebagai perhelatan mode virtual dalam skala nasional. "Bisa dibilang ini ajang fashion virtual terbesar pertama di Indonesia," ungkap Jay Subyakto, selaku kurator dan kepala tim kreatif NUFF 2020 saat jumpa pers secara daring, Minggu (16/8/2020).

[Gambas:Instagram]



Total terdapat 75 desainer, brand, label dan pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) fashion yang berpartisipasi di ajang ini. Mereka di antaranya Lulu Lutfi Labibi, SOE Jakarta, Edward Hutabarat, Tex Saverio, Runa Jewellry, Tulola, Lekat, Deden Siswanto.

Beberapa di antara mereka akan menyuguhkan koleksi yang dipresentasikan dengan memaksimalkan permainan visualisisasi dan sinematografi yang menarik sehingga memberi pengalaman yang berbeda bagi penonton.

Jay mengatakan, acara ini kian spesial karena berbarengan dengan Hari Kemerdekaan. Ia pun berharap, momen ini bisa sekaligus menumbuhkan kecintaaan dan kebanggaan pada produk-produk dalam negeri.


Selain peragaan mode, NuFF 2020 juga diisi dengan diskusi dan pelelangan 10 barang limited edition buah kolaborasi brand dan seniman. Ada Sepatu Compass dengan Sejauh Mata Memandang, lalu Rinaldy Yunardi x Museum of Toys featuring Putu Arya, Tangan x Abenk Alter, serta Darbotz x Bluesville.

Pelelangan berlangsung pada 16 - 31 Agustus 2020 melalui situs NUFF 2020. Seluruh hasil pelelangan akan didonasikan bagi UMKM sektor mode yang bisnisnya terdampak COVID-19 melalui Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS).

Para desainer sangat menyambut dengan baik acara ini. Didiet Maulana, yang juga ditunjuk sebagai kurator UMKM NUFF 2020, berharap, NUFF bisa menjadi penyemangat bagi para pelaku industri.

"Setidaknya ini bisa menumbuhkan optimisme di tengah ketidakpastian ekonomi seperti saat ini," katanya. Seluruh rangkaian acara dapat disaksikan di situs resmi Nusantara Fashion Festival 2020.

Rayakan kemerdekaan, tonton tayangan livestreaming Semangat Satu Indonesia di detik.com/semangatsatuindonesia



Simak Video "Nusantara Fashion Festival Sajikan Virtual Fashion Pertama Terbesar di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)