Kaleidoskop 2019

Daftar 10 Sneakers Terpopuler 2019

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 27 Des 2019 10:53 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Euforia sneakers menggeliat di 2019. Banyak sneakers yang dirilis tahun ini menimbulkan kehebohan kaum hypebeast dan sneakerhead di seluruh dunia, tanpa terkecuali Indonesia.

Antrean mengular, tak sedikit pula yang rela menginap sehari sebelum sneakers tersebut resmi dijual. Begitu diincarnya, sneakers-sneakers ini punya nilai investasi yang tinggi. Sneakers pun tak lagi soal gaya, tapi seberapa 'cuan'-nya.

Sneakers yang ngehits di 2019 didominasi oleh produk-produk hasil kolaborasi, baik itu dengan desainer ternama maupun musisi beken. Menariknya, sneakers keluaran merek lokal juga menikmati momentum besar tahun ini. Berikut daftar 10 sneakers terpopuler di 2019:

Adidas Yeezy Boost 350 V2 'Yecheil'
Daftar 10 Sneakers Terpopuler 201910 Sneakers Terpopuler 2019. Foto: Instagram
Desember ini, Adidas menghadirkan beberapa sneakers dari seri Yeezy yang merupakan buah kolaborasinya dengan rapper Kanye West. Salah satunya, Adidas Yeezy Boost 350 V2 'Yecheil'.

Seperti di berbagai belahan dunia, Adidas Yeezy Boost 350 V2 'Yecheil' juga dirilis di Indonesia pada Jumat, 20 Desember. Namun, ratusan orang sudah mengantre di depan Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, sejak sehari sebelumnya.

Sneakers ini hadir dengan upper yang terbuat dari Primeknit, semacam bahan rajut premium dengan kombinasi warna hitam, burgundy, biru, beige dan hijau jeruk. Tampilan yang lebih berwarna ini menjadikan sneakers Yeezy "Yecheil" unik dari pendahulunya. Adapun harganya US$ 220 atau sekitar Rp 3 juta.

Off-White Converse Chuck 70
Daftar 10 Sneakers Terpopuler 201910 Sneakers Terpopuler 2019. Foto: Instagram/@off__white__jakarta
Sneakers hasil kolaborasi Off-White dan Converse ini sebenarnya sudah dilansir tahun lalu. Namun, sneakers tersebut baru resmi hadir di Indonesia pada Juni 2019.

Antusiasme masyarakat pun tak dapat terelakkan. Antrean mengular terjadi di depan butik Off-White di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Harga retail sneakers rancangan Virgil Abloh ini sebenarnya Rp 2,7 juta. Namun di tangan reseller, harganya bisa berlipat ganda.



Travis Scott x Air Jordan
Daftar 10 Sneakers Terpopuler 201910 Sneakers Terpopuler 2019. Foto: Dok. ist
Kanye West bukan satu-satunya rapper yang digaet merek besar untuk menciptakan seri sneakers tersendiri. Ada Travis Scott dengan sneakers-nya, yakni Air Jordan 1 High OG TS.

Nike merilis sneakers berwarna putih-coklat ini pada Mei 2019 dan langsung sold-out hanya dalam sehari. Harga retail sneakers ini adalah US$ 175 atau Rp 2,4 juta. Namun, harganya melonjak drastis di tangan reseller. Bahkan, ada yang menjualnya seharga lebih dari US$ 1.000 atau Rp 14 jutaan.

Compass x Darahkubiru
Daftar 10 Sneakers Terpopuler 201910 Sneakers Terpopuler 2019. Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
Dari Indonesia, Sepatu Compass bersinar tahun ini. Antrean panjang selalu mewarnai perilisan sneakers terbarunya. Terakhir, ketika sneakers Compass x Darahkubiru dirilis di acara Wall of Fades, beberapa waktu lalu. Antrean membeludak di Grand Indonesia sampai akhirnya pihak Sepatu Compass terpaksa membatalkan perilisan sneakers tersebut.

Sebelumnya di Urban Sneaker Society 2019 November lalu, antrean panjang terjadi di depan booth Sepatu Compass. Para pembeli mengincar sneakers Compass 98 edisi Vintage, yang dijual seharga Rp 378 ribu dan Rp 418 ribu. "Saya antre dari jam dua pagi. Berangkat dari rumah jam satu di Cikupa, Tangerang," ujar Ricky, salah satu pembeli yang ditemui Wolipop kala itu.

G-Dragon x Nike Air Force
Daftar 10 Sneakers Terpopuler 201910 Sneakers Terpopuler 2019. Foto: Instagram G-Dragon
Sneakers yang satu ini berhasil membuat kehebohan di kalangan KPopers. Adalah G-Dragon x Nike Air Force 1 'Para?Noise', hasil kolaborasi Nike dengan brand idol Korea G-Dragon.

Dirilis November lalu, sneakers ini langsung ludes terjual di seluruh dunia. Tak sedikit dari reseller yang menjualnya dalam harga fantastis, bahkan ada yang mencapai Rp 120 juta.

Adidas x Prada
Daftar 10 Sneakers Terpopuler 201910 Sneakers Terpopuler 2019. Foto: Dok. Adidas x Prada
Dari sekadar rumor, kolaborasi antara Adidas dan Prada kini menjadi kenyataan. Salah satu produk yang dinanti adalah Adidas Superstar dengan logo Prada. Dirilis pada 4 Desember 2019, Sneakers edisi terbatas hanya dijual sebanyak 700 pasang.

Sneakers tersebut sangat dinantikan karena Prada belum pernah berkolaborasi dengan brand manapun. Selain sneakers, dirilis pula produk tas.

Puma x Balmain
Daftar 10 Sneakers Terpopuler 201910 Sneakers Terpopuler 2019. Foto: Dok. Puma x Balmain
Setelah Prada bersama Adidas, lalu Nike yang menggandeng Off-White, kini giliran Puma dengan Balmain. Kolaborasi Balmain x Puma yang dirilis November lalu termasuk sneakers Puma yang tampil dengan wajah baru.

Salah satu sneakers Puma yang bersiluet klasik menjelma dalam bentuk boots. Logo Puma juga mendapat tampilan baru. "Kami berimajinasi dua kucing bersama ketimbang sendirian," ungkap Olivier yang juga pernah berkolaborasi dengan H&M.

Vans x David Bowie
Daftar 10 Sneakers Terpopuler 201910 Sneakers Terpopuler 2019. Foto: Ist.
Sneakers bertema musisi ternama juga menjadi sorotan di 2019. Tanpa terkecuali Vans x David Bowie. Ada empat jenis sneakers Vans untuk koleksi edisi terbatas ini. Inspirasinya adalah lagu-lagu dan album termahsyur milik mendiang David Bowie serta karakter persona yang diperankan David semasa hidupnya.

Salah satunya album 'Hunky Dory' (1971) yang menjadi tema utama untuk sneakers Vans 'Slip-On' yang ikonis itu. Lalu sneakers 'Sk8-Hi' tampil dengan aksen berupa kilatan merah yang merepresentasikan persona David sebagai Ziggy Stardust.

Dior x Air Jordan
Daftar 10 Sneakers Terpopuler 201910 Sneakers Terpopuler 2019. Foto: Dok. Nike
Meski baru resmi dijual tahun depan, Dior x Air Jordan sudah mencuri perhatian sejak kemunculan perdananya di fashion show koleksi busana pria Dior Pre-Fall 2020 awal Desember ini.

"Setelah setahun proses kreatif, sneakers ini dibuat di Italia, juga dengan menggunakan kulit dari Italia, terdapat lukisan tangan di bagian ujung, dengan logo swoosh yang dihiasi motif klasik Dior Oblique, serta sol transparan bergambar Air Dior Wings dan logo Dior," tulis Kim di Instagram. Prediksi harga langsung meramaikan media sosial. Banyak yang memperkirakan sneakers edisi terbatas ini bakal dibanderol seharga Rp 28 juta.

Air Jordan 4 OG 'Bred'
Daftar 10 Sneakers Terpopuler 201910 Sneakers Terpopuler 2019. Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
Pertengahan tahun ini, Nike merilis sneakers Air Jordan 4 Retro OG 'Bred' yang merupakan versi terbaru dari Air Jordan 4 (hadir perdana pada 1989). Nike Air Jordan 4 Retro OG 'Bred' terbilang spesial kembali ke kombinasi warna asal mirip dengan sneakers yang dipakai Michael Jordan ketika melakukan aksi 'The Shot'. Didominasi warna hitam, sneakers ini juga hadir dengan sentuhan abu-abu, putih dan merah sebagai aksen.

"Warna-warna tersebut identik dengan timnya Michael Jordan waktu itu, Chicago Bulls. Jadi, ini kenapa sneakers Nike Air Jordan 4 Retro OG 'Bred' terbilang spesial," ujar Mira Kusumowardani dari Nike Indonesia kepada Wolipop saat acara pembukaan Hoops Point. Sepasangnya, sneakers ini dijual seharga Rp 2,9 juta.



Simak Video "Koleksi Sneakers, Investasi Kekinian Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/ami)