Andien Kumpulkan dan Jual Baju hingga Tas Bekas Orang Lain untuk Amal

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 23 Nov 2019 07:20 WIB
Andien Aisyah mendirikan Setali. Foto: Palevi S/detikFoto Andien Aisyah mendirikan Setali. Foto: Palevi S/detikFoto

Jakarta - Dalam rangka membantu sesama, penyanyi Andien Aisyah mendirikan sebuah organisasi non profit yang kegiatannya adalah mengumpulkan barang bekas dan menjualnya kembali. Organisasnya yang bernama Setali ini mengajak masyarakat untuk menyumbangkan barang-barang pre-loved mereka yang masih layak sehingga dapat menambah nilai baru.

"Sejauh ini kita belum melakukan daur ulang. Yang kita lakukan selama ini sebenarnya adalah menerima dan menjualnya kembali," kata Andien Aisyah saat ditemui dalam acara Huntsreet.com x Setali di Pacific Place Jakarta, pada Jumat (22/11/2019).

Andien menjelaskan bahwa organisasi non-profitnya itu menampung barang-barang pre-loved atau bekas hasil sumbangan dari orang-orang, bukan dengan membelinya dari orang lain. Hasil penjualan dari barang-barang tersebu nantinya akan didonasikan untuk orang-orang yang lebih membutuhkan.



[Gambas:Instagram]



"Yang selama ini kita bekerjasama adalah dengan yayasan amal Khair Yasmin dan itu untuk pendidikan anak-anak. Kemudian kita juga biasanya case by case kalau untuk misalnya ada bencana alam, kayak kemarin gempa dan segala macam biasanya kita juga menyisihkan ke sana," kata pelantun Indahnya Dunia itu.

Andien Kumpulkan dan Jual Baju hingga Tas Bekas Orang Lain untuk AmalFoto: Ismail/detikHOT


Setali Indonesia juga memiliki misi jangka panjang, yaitu untuk memperoleh mesin daur ulang yang dapat mengubah pakaian menjadi benang dan dapat digunakan kembali untuk membuat pakaian baru. Menurut penuturan Andien, harga mesin ini diperkirakan mencapai Rp 500 juta hingga Rp 2 miliar.

Jika tertarik untuk menyumbangkan atau membeli barang-barang dari yayasan Setali Indonesia, maka bisa langsung dengan mengecek Instagramnya di setali.indonesia. Barang-barang pre-loved yang dijualnya mulai dari Rp 75 ribu. Barang-barangnyapun beragam, ada baju, sepatu, topi, hingga meja.

"Kalau untuk mau beli bajunya sampai saat ini kita juga masih jual di Instagram juga di katalog Setali tapi kita juga punya beberapa event-event yang memang rutin kita adakan setiap dua bulan sekali," kata ibu dari Kawa itu.




Simak Video "Demi Jaga Si Kembar, George Clooney Sewa Bodyguard"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)