Tak Sekolah Fashion, Rinaldy Yunardi Juara Dunia Lomba Rancang Aksesori

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 29 Okt 2019 19:09 WIB
Foto: Instagram/@rinaldyyunardi Foto: Instagram/@rinaldyyunardi

Jakarta - Jumat, 27 September 2019, menjadi hari yang spesial bagi desainer aksesori Rinaldy A. Yunardi. Yungyung, begitu sapaan akrabnya, menyabet penghargaan World of Wearable (WoW) Arts 2019 di Wellington, Selandia Baru.

Tidak tanggung-tanggung, tiga kategori dimenangkannya: Avant Garde Section, International Awards: Asia, dan Supreme WoW Award. Rinaldy Yunardi mengulang prestasi yang pernah diukirnya di ajang yang sama pada 2017.

Walau bukan yang pertama, kemenangan di WoW Arts 2019 meninggalkan kesan yang mendalam di benak desainer yang karyanya sudah pernah dipakai Beyonce, Lady Gaga dan Kylie Jenner itu .


"Benar-benar nggak menyangka. Saya nggak pernah sekolah fashion, tapi bisa menang. Ini pengalaman yang sungguh indah. Sebuah pembuktian bahwa saya mampu dan Indonesia mampu," ungkap Rinaldy Yunardi saat jumpa pers, Selasa (29/10/2019).
Tak Sekolah Fashion, Rinaldy Yunardi Juara Dunia Lomba Rancang AksesoriFoto: Instagram/@rinaldyyunardi

Digelar setiap tahun, WoW Arts melombakan mahakarya para seniman dari seluruh penjuru dunia. Dengan imajinasi liarnya, mereka ditantang untuk menciptakan sebuah karya seni yang dapat dipakai di tubuh juga (wearable).

Karya bertajuk 'Lady Warrior' menjadi andalannya untuk ajang tersebut. Terinspirasi dari sosok sang ibu yang tangguh bak pejuang, Rinaldy mengeksplor material kertas daur ulang yang dipilin menjadi benang. Benang tersebut lalu dibentuk menjadi seperti kostum perang berstruktur dengan rok meruncing. Butuh waktu enam bulan untuk membuatnya.
Tak Sekolah Fashion, Rinaldy Yunardi Juara Dunia Lomba Rancang AksesoriFoto: Instagram/@rinaldyyunardi

Rinaldy sempat meragukan kemampuan dirinya untuk mengikuti ajang tersebut setelah sempat absen setahun. Namun, Faye Liu, rekannya di agen konsultan fashion internasional The Clique, terus memotivasi dirinya untuk berpartisipasi di WoW Arts 2019.

Perjuangan melawan keraguan diri tersebut lantas membuahkan hasil. Dengan Lady Warrior, Rinaldy berjaya di ajang yang tahun ini diikuti 115 desainer dari 22 negara tersebut. Penghargaan tertinggi, Supreme WoW Awards masih dipertahankan dia.


"Untuk menang di sana sekali adalah sebuah prestasi. Tapi bisa menang tiga penghargaan sangat luar biasa. Indonesia semestinya bangga punya desainer sekelas Rinaldy," puji Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Jonathan Austin.
Tak Sekolah Fashion, Rinaldy Yunardi Juara Dunia Lomba Rancang AksesoriFoto: Instagram/@rinaldyyunardi

Pujian juga datang dari mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf. Ia mengatakan Indonesia memiliki banyak orang-orang bertalenta, tapi sedikit yang spesial seperti Rinaldy.

"Harapan saya, semoga Yungyung mau menularkan ilmunya kepada seniman muda lain agar bisa mengukir prestasi yang tak kalah membanggakan," kata dia.



Simak Video "Rinaldy Yunardy Ubah Tania Nadira Jadi Ratu Semalam"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/hst)