Alasan Anne Avantie Rela Naik Ojek Demi Bertemu Desainer Difabel yang Viral

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 29 Nov 2018 11:57 WIB
Anne Avantie dan Rahmat Hidayat, pria difabel yang viral karena karya desainnya. Foto: Instagram
Jakarta - Seorang pria difabel jago desain menggugah hati Anne Avantie. Dengan keterbatasan fisik dan ekonomi, pria bernama Rahmat Hidayat tersebut bisa menggambar sketsa busana dan tampak berbakat. Anne bahkan hingga rela mendatangi Rahmat ke rumah desainer difabel itu di kawasan Bandung Barat, Jawa Barat dengan ojek dalam keadaan hujan.

Anne Avantie pertama kali mendengar mengenai desainer difabel Rahmat Hidayat dari sebuah tag di Instagram yang dikirim Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan. Setelah membaca kisah desainer difabel tersebut, Anne yang kebetulan sedang berada di Bandung memutuskan untuk mendatangi rumahnya. Padahal ketika itu cuaca sedang hujan dan ia harus naik ojek.


Perancang 63 tahun itu pun melihat Rahmat sebagai sosok yang mengagumkan. Selain karena punya bakat, Rahmat juga bisa menjadi tulang punggung untuk keluarganya dengan menjual sketsa busana. Meski punya keterbatasan, Anne juga kagum dengan kepandaiannya menggunakan media sosial untuk mengekspos bakat. Hal tersebut menggugah Anne Avantie untuk mendatanginya.

"Rahmat datang dari keluarga tidak mampu. Dengan keterbatasan yang ada dia mengeksplornya lewat socmed. Saya bilang dia beruntung bisa ditanggapi secara luas, Indonesia bisa melihat potensi ini," ungkap Anne setelah wawancara dengan CNN Indonesia di Trans TV, Jakarta Selatan, Kamis, (29/11/2018).

[Gambas:Instagram]

"Kepandaian dan senjatanya menggunakan sosmed dengan baik dan bisa menyampaikannya dengan baik dengan karakter yang baik walaupun dia tidak bisa membaca dan menulis, awalnya tidak sekolah, tapi anak ini menanggapi apa yang ada di pikirannya dan mencari cara bisa melakukan. Ini hal yang kami geluti. Itu mengapa saya memberi apresiasi karena ini memang menjadi tugas di sekolah kami (Yayasan Bina Bunda) juga," tambahnya.



Video Anne Avantie naik ojek dan hujan-hujanan saat mendatangi rumah Rahmat pun banyak mendapat perhatian dari netizen. Begitu juga dengan akun Instagram Rahmat dan kisahnya yang mendapat perhatian dari media. Mengenai hal ini, Anne menyarankan ia tidak menikmatinya terlalu dalam.

"Saya mengatakan jangan menikmati hal ini terlalu dalam karena media dan sebagainya bersifat sementara. Sebentar juga hilang dan kamu akan 'sendiri' lagi. Oleh karena itu, saya bawapulangkesemarang untuk pelatihan mata. Melihat secarasesungguhnyaduniafashion seperti apa dan kemudian saya ingindiajadientrepreneur untuk yang lain dengan mengembangkan bakat,"kataAnne yang akan membawa Rahmat HidayatkeSemarang, Jawa Tengah untuk memperlihatkan bagaimana carakerjaindustrifashion.
(ami/ami)