Inspirasi Istana India di Koleksi Busana Lebaran 2018 Ivan Gunawan

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 26 Apr 2018 11:57 WIB
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop
Jakarta - Waktu terasa begitu cepat berlalu dan tinggal beberapa pekan lagi Ramadan dan Lebaran segera menyapa. Menyambut Idul Fitri 2018, Ivan Gunawan pun melansir koleksi busana Lebaran di bawah naungan label Hijab Mandjha.

Bertajuk 'Raya Collection 2018 Fatamorgana', koleksi tersebut tampil perdana dalam peragaan yang digelar di Suasana Restaurant, Aston Kuningan, Rabu (25/4/2018). Peragaan tersebut sekaligus menandai setahun label Hijab Mandjha Ivan Gunawan berdiri.

Koleksi busana Lebaran 2018 rancangan Ivan Gunawan. (Foto: M.Abduh/Wolipop)Koleksi busana Lebaran 2018 rancangan Ivan Gunawan. (Foto: M.Abduh/Wolipop) Foto: Mohammad Abduh/Wolipop


Untuk koleksi busana Lebaran 2018, Ivan menarik inspirasi dari keindahan arsitektur istana-istana di India. "Dari kebudayaannya, India punya daya tarik tersendiri. Kebetulan juga, banyak jejak-jejak Islami di India," ungkap pria yang belajar mendesain pakaian secara otodidak ini.

Baca Juga: Pose 'Mirip' Alay, Ivan Gunawan Bergaya dengan Tas Seharga Mobil

Inspirasi tersebut turut Ivan hadirkan lewat dekorasi peragaan busananya yang tak biasa. Alih-alih panggung catwalk, Ivan mengirim para modelnya berlenggang di sebuah taman lengkap dengan air mancurnya. Ya, Ivan menyulap sebuah restoran menjadi taman di istana India.

Inspirasi Istana India di Koleksi Busana Lebaran 2018 Ivan GunawanIvan Gunawan tampilkan koleksi busana Lebaran 2018. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Terdiri dari 40 set busana siap pakai (ready to wear) perempuan, koleksi didominasi oleh palet pastel dengan beragam permainan motif mulai dari floral sampai ukiran-ukiran klasik yang biasa menghiasi bangunan-bangunan bersejarah di India.

Dari segi model, tawaran dari koleksi ini cukup beragam. Muncul pilihan outerwear seperti blazer dan jaket, lalu busana-busana longgar yang terinspirasi dari tren piyama. Ivan juga mengakomodasi kebutuhan pelanggannya yang berbusana syar'i dengan menawarkan atasan longgar seperti dress serta hijab panjang.

Turut mempercantik busana, elemen-elemen dekorasi seperti aplikasi bunga kecil, renda, dan payet. Selebihnya koleksi lebih menonjolkan kualitas busana dan karakter bahan-bahan yang semuanya produk buatan Indonesia. Katun, linen, sifon, lace, poliester, satin, adalah beberapa di antaranya.

Hadir pula koleksi busana pria serta beberapa busana anak dari label Mini-Me, buah kolaborasinya dengan penyanyi Rossa. Jelang penghujung peragaan, Ivan memamerkan koleksi busana premium yang salah satunya tampil dengan kain sari khas India.

Koleksi busana Lebaran 2018 rancangan Ivan Gunawan. (Foto: M.Abduh/Wolipop)Koleksi busana Lebaran 2018 rancangan Ivan Gunawan. (Foto: M.Abduh/Wolipop) Foto: Mohammad Abduh/Wolipop


Tak sembarang menciptakan koleksi, Ivan juga memerhatikan kebutuhan konsumen dengan mengedepankan keterpakaian dan kenyamanan. "Semua dijual per potong, supaya gampang dipadu-padankan. Bahan yang saya pilih juga gampang dicuci di rumah. Soalnya, tak semua konsumen saya bisa ke laundry," ujar Ivan.

Baca Juga: Ivan Gunawan Sulap Kain Ulos Jadi Koleksi Busana Edgy dan Modern

Label Hijab Mandjha memang Ivan dirikan untuk mengakomodasi kebutuhan pasar menengah ke bawah. Harga koleksinya dipatok dari Rp 150 ribu hingga Rp 1,5 juta.

"Lewat Hijab Mandjha, saya mau membuktikan tampil cantik dan kekinian dengan hijab nggak harus dengan sesuatu yang mahal," kata Ivan yang pada kesempatan tersebut turut meluncurkan koleksi makeup terbaru dari Ivan Gunawan Cosmetics.

(dng/hst)