Giliran Alexander Wang Setop Pamer Koleksi di New York Fashion Week

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 18 Jan 2018 14:24 WIB
Foto: Getty Images
New York City - Satu lagi desainer dunia yang memutuskan untuk berhenti mempresentasikan koleksi teranyarnya di New York Fashion Week (NYFW). Setelah Proenza Schouler dan Altuzarra, kini giliran Alexander Wang.

Alih-alih mengikuti NYFW yang digelar rutin tiap Februari dan September, Alexander Wang justru memilih menggelar fashion show sendiri setiap Juni dan Desember. Bagi Alexander Wang sebagai sebuah label, perubahan tersebut dinilai lebih menguntungkan secara bisnis.

Alexander WangAlexander Wang (Foto: Getty Images)

Perubahan tersebut juga mencakup penggabungan koleksi utama dan koleksi pembuka, lalu membagi pengiriman produk ke toko menjadi bulanan (antara Oktober-Maret dan April-September).

Dengan begitu, konsumen tak perlu menunggu lama lagi untuk bisa mendapatkan koleksi Alexander Wang. Biasanya, koleksi desainer baru hadir di toko enam bulan setelah ditampilkan perdana di pekan mode. Namun rencana bisnis Alexander Wang yang baru mempercepat waktunya menjadi empat bulan.

Kendall Jenner berjalan di catwalk Alexander Wang.Kendall Jenner berjalan di catwalk Alexander Wang. (Foto: Getty Images)


"(Perpindahan) ini dianggap sebagai solusi transformatif bagi industri secara global, dengan menggebrak di luar kalender fashion konvensional," demikian pernyataan brand Alexander Wang seperti dikutip New York Times.

Alexander Wang menambah daftar panjang desainer dan label yang hengkang dari NYFW. Sebelumnya, Proenza Schouler dan Rodarte dikabarkan akan memindahkan fashion show-nya dari NYFW ke Paris Couture Fashion Week. Lalu Joseph Altuzarra juga 'hijrah' ke Paris Fashion Week. Adapun Rag & Bone memilih untuk absen dulu dari NYFW hingga waktu yang belum bisa dipastikan.

Victoria Beckham usai menampilkan koleksinya di NYFW.Victoria Beckham usai menampilkan koleksinya di NYFW. (Foto: JP Yim/Getty Images)

Victoria Beckham juga mengumumkan, akan menggelar peragaan September-nya di London Fashion Week, bukan NYFW seperti biasanya, dalam rangka perayaan 10 tahun brand miliknya. (dtg/dtg)