Inspirasi Flora dan Fauna Indonesia di Koleksi Busana Teranyar Purana

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 16 Jan 2018 17:45 WIB
Foto: Moh. Abduh/Wolipop Foto: Moh. Abduh/Wolipop

Jakarta - Alam Indonesia yang begitu kaya tiada habisnya untuk digali sebagai inspirasi. Kecantikan alam Nusantara ini yang mengilhami Nonita Respati untuk menelurkan koleksi Spring-Summer 2018 labelnya, Purana.

Nonita mentajuki koleksinya "Intropical" yang diartikannya sebagai pembuka (intro) musim panas. 'Tropic' sendiri mengacu pada keindahan alam tropis Indonesia yang flora dan faunanya beragam.

Koleksi Purana Spring-Summer 2018 'Intropical'.Koleksi Purana Spring-Summer 2018 'Intropical'. (Foto: Moh. Abduh/Wolipop)


Adapun koleksi ini berangkat dari keprihatinan Nonita terhadap kerusakan alam Indonesia. Senang diving, Nonita sering menemukan sampah-sampah plastik yang mencemari lautan.

"Kita sebagai orang Indonesia terkadang suka menyia-nyiakan alam yang sudah dikaruniakan Tuhan. Lewat koleksi ini, saya mau memotivasi masyarakat untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungan," ujar Nonita jelang mempresentasikan koleksi tersebut di Raffles Hotel Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Inspirasi Flora dan Fauna Indonesia di Koleksi Busana Teranyar PuranaFoto: Moh. Abduh/Wolipop


Khusus untuk koleksi Intropical, desainer yang fokus mengolah kain-kain bernuansa etnik itu menggandeng seniman Aditya Pratama alias Sarkodit. Nonita dan Sarkodit bertukar ide untuk mencari motif yang merepresentasikan inspirasinya.

Akhirnya, terpilihlah motif-motif flora dan fauna endemik Indonesia seperti Jalak Bali, Elang Jawa, Kakatua Jambul Kuning, Cendrawasih, Sikatan Aceh, Daun Dadap Sedep, Cempaka, dan Daun Walisongo.

Inspirasi Flora dan Fauna Indonesia di Koleksi Busana Teranyar PuranaFoto: Moh. Abduh/Wolipop


Semuanya diaplikasikan pada rancangan Nonita yang khas dengan gaya etnik kontemporernya dan dapat mengakomodasi segala ukuran. Dari kolaborasi itu juga tercipta koleksi scarf edisi khusus dalam palet sky blue, hijau pastel dan salem.

Scarf kolaborasi Purana dan Sarkodit. Scarf kolaborasi Purana dan Sarkodit. Foto: Wolipop/Daniel Ngantung


Keistimewaan lain dari koleksi ini ada pada materialnya. "Untuk pertama kalinya, kami menggunakan tenun dengan pewarnaan alami supaya lebih ramah lingkungan," kata Nonita yang mendirikan Purana sejak 2008 silam.

Selain itu, koleksi yang terdiri dari 30 look itu turut disertai minikoleksi untuk Imlek. Masih dengan cutting kontemporernya, rasa Imlek ia hadirkan lewat dominasi nuansa merah. "Tidak harus beruspa cheongsam, supaya bisa dipakai untuk acara lainnya," ujar Nonita.

Inspirasi Flora dan Fauna Indonesia di Koleksi Busana Teranyar PuranaFoto: Moh. Abduh/Wolipop

(dng/hst)