Putih-Emas atau Biru-Emas? Warna Sandal Jepit Ini Jadi Kontroversi

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 22 Nov 2016 10:37 WIB
Foto: Dok. Twitter @PositiveDemi
Jakarta - Setelah pada 2015 lalu sebuah dress membuat netizen termasuk para selebriti berdebat soal warnanya, kali ini sepasang sandal jepit menyebabkan kontroversi serupa. Apa warna dari sandal ini, putih-emas atau biru-emas?

Sandal ini diunggah akun Twitter @PositiveDemi pada Kamis (17/11/2016). Dia bertanya dalam bahasa Spanyol, pada pengikutnya di Twitter. "que cor vocês tão vendo?" begitu dia menuliskan pada keterangan foto yang menampilkan sepasang sandal jepit merek Havaianas.

Pemilik akun bernama Arthur itu bertanya warna apa yang dilihat pada sandal yang fotonya dia unggah tersebut. Foto tersebut kemudian di-retweet ratusan kali dengan berbagai komentar. Para pengguna Twitter ternyata memiliki jawaban yang berbeda-beda.

"I see white and gold flip flops... what do you see?" tulis akun @SamGolbach. "THE FLIP FLOPS ARE BLUE AND GREY," tulis akun lainnya @breannaisner.

Baca Juga: Warna Gaun Ini Membuat Selebriti Dunia Ramai-ramai 'Debat' di Internet

Perdebatan pun terjadi di antara netizen sama seperti dress pesta yang ramai diperbincangkan pada Februari 2015 setelah diunggah oleh akun Tumblr bernama Swiked. Serupa dengan dress tersebut, pendapat netizen terbelah ada yang menjawab warna dari sandal jepit itu adalah putih-emas, biru-emas, biru-abu-abu, biru-hitam dan biru-cokelat.

Pihak Havaianas rupanya mengetahui kalau warna sandal jepit keluaran mereka menjadi perdebatan. Brand asal Brazil itu pun mengunggah foto dari sandal jepit tersebut ke Facebook pada Senin (21/11/2016) dan mengungkapkan apa warna dari sandal itu. Dan warnanya adalah biru-biru gelap. Bagaimana apakah Anda juga melihat warna asli dari sandal jepit ini?

Jika Anda melihat warna sandal jepit ini berbeda dengan warna aslinya, hal tersebut wajar terjadi. Ilmuwan dari University of Washington Amerika, Jay Neitz, melakukan sebuah penelitian tentang bagaimana otak manusia memproses cahaya yang berada di luar mata. Ia menjelasakan, terdapat sel yang berbentuk kerucut di dalam otak yang terhubung ke korteks visual (bagian terbesar dalam otak manusia) melalui saraf optik. Cara neuron (sel-sel saraf) memproses cahaya ini tergantung pada bagaimana otak Anda dihubungkan.

Baca Juga: Dress 2 Warna yang Diperdebatkan di Internet Jadi Inspirasi Kostum Halloween

Jika Anda lebih sering menggunakan otak kiri, maka warna dari sandal jepit atau gaun yang Anda lihat adalah putih dan emas. Hal ini karena otak kiri Anda terbiasa memproses warna-warna terang seperti putih dan emas. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan otak kanan untuk berpikir, maka tak heran warna yang muncul adalah hitam dan biru. Karena belahan otak kanan memproses warna-warna gelap seperti biru dan hitam.

Saksikan video 20detik di sini:

(eny/eny)