Kostum Indonesia di Pembukaan Olimpiade 2016 Dipuji Netizen Dunia

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 06 Agu 2016 15:21 WIB
Foto: Reuters
Jakarta - Kontingen Indonesia resmi siap berlaga di Olimpiade 2016 yang tengah berlangsung di Rio de Jainero, Brasil. Semalam, upacara pembukaan pun telah diselenggarakan di Stadion Maracana, Jumat (5/8/2016) pukul 20:00 waktu setempat. Selain dimeriahkan oleh performa musik dan tari yang spektakuler, para atlet dari 200-an negara juga melakukan defile, tak terkecuali dari Indonesia.

Kehadiran atlet-atlet Tanah Air tentu ditunggu masyarakat Indonesia. Terlebih sejumlah kritik sempat tertuju pada seragam yang dibawakan kontingen untuk defile dalam pembukaan. Tampil dengan desain serupa jas, busana bernuansa merah-putih dengan motif burung garuda itu dianggap sedikit terlalu ramai dan kurang fashionable.

Meski menuai kritik di negeri sendiri, defile kontingen dari Indonesia ternyata cukup dipuji warga dunia. Di Twitter, rombongan yang terdiri dari tujuh atlet dan beberapa orang berkostum daerah itu banyak menerima komentar positif.

Berdasarkan pantauan Wolipop, tak sedikit netizen mengatakan jika busana Indonesia adalah yang terbaik. Apalagi Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara yang mengedepankan unsur kultural.







Pujian banyak ditujukan pada tiga orang di bagian tengah yang menggunakan kostum adat. Tak sedikit pula warga dunia yang terpukau dengan headpiece atau hiasan kepala yang digunakan wanita berkebaya warna merah-emas.





Berbagai pendepat dilontarkan pada rombongan defile Indonesia. Ada pula yang mengatakan jika busana daerah tersebut seperti kostum Miss Universe.





Rombongan Indonesia tersebut dipimpin oleh Maria Londa untuk kompetisi lompat jauh yang membawakan bendara, lalu ada Glenn Victor dan Yessy Yosaputra untuk renang, Sudirman Hadi pada atletik, serta Deni, I Ketut Ariana, dan Triyatno untuk angkat besi. Dalam Olimpiade tahun ini, Indonesia mengirimkan total 28 atlet dari tujuh cabang olahraga. (ami/ami)