Zara Bukan Dibaca Zara, Ini Cara Pelafalan yang Benar

Alissa Safiera - wolipop Senin, 01 Feb 2016 14:06 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Kabar baru dari brand high-street Zara satu ini membuat kita mengernyitkan alis. Tapi bukan karena produk atau kontroversinya, melainkan cara Anda melafalkan Zara yang selama ini ternyata salah.

Dilansir oleh Refinery 29, selama ini mungkin Anda tidak melafalkan Zara dengan tepat, karena Zara tidak dibaca sesuai dengan tulisannya, yaitu Zara.

Salah seorang tim fashion dari Refinery 29 tengah berada di kantor pusat Zara di A Coruna, Spanyol belum lama ini. Wanita bernama Alexandra Ilyashov itu pun menyadari jika ia tak menyebut Zara seperti orang-orang menyebutnya di sana.

"Dibanding memeriksa luas studio desain atau meminum wine, kami menyadari ada komponen kunci dari Zara yang belum kami pahami. Bagaimana kamu menyebut Zara secara benar? Untungnya, salah satu representatif dari retailer Zara cukup baik dan merekamnya untuk kami," tutur Alexandra.

Dari video yang diunggah di Instagram, kata Zara harusnya dibaca "dzah-dah" namun terdengar seperti 'tsada'. Zara yang berbasis di Arteixo, Spanyol ini cara membacanya mengikuti pelafalan dari dialek Northern Castilian, yaitu 'Z' dilafalkan dengan 'th' sementara R terdengar seperti D.

Dan karena Zara berasal dari Spanyol, pelafalannya pun seharusnya mengikuti tempat brand high-street ini dilahirkan. Sama saja ketika kita melafalkan Louis Vuitton atau Balmain dalam bahasa Prancis.

Zara adalah retailer asal Spanyol yang eksis sejak tahun 1957 berbasis di Arteixo, Spanyol oleh duo Amancio Ortega dan RosalĂ­a Mera. Saat ini, Zara pun telah menjadi retailer high-street terbesar di dunia.

Jika Anda masih bingung seperti apa cara pelafalannya, lihat video berikut untuk mempelajarinya:

(asf/asf)