ADVERTISEMENT

Skandal Miss China 2022, Disebut Bohong Soal Pendidikan dan Pekerjaan

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Kamis, 08 Sep 2022 08:18 WIB
Qin Zewen. Qin Zewen. Foto: Dok. Miss World China
Jakarta -

China terancam tidak dapat memberangkatkan wakilnya ke ajang Miss World 2022. Dua skandal berturut-turut terjadi di tengah persiapan melaju ke kontes kecantikan terbesar kedua dunia itu.

Ruan Yue awalnya ditunjuk sebagai wakil Negeri Tirai Bambu di Miss World 2022 setelah berhasil menyandang gelar Miss China 2022. Namun dua minggu sebelum pengumuman keikutsertaannya, gelarnya dicopot.

Seperti dikutip dari News.com.au, organisasi Miss World China tidak menjelaskan secara spesifik alasan Ruan Yue tidak lagi berhak memakai titel Miss China. Mereka hanya menyatakan bahwa Ruan Yue telah melakukan 'perbuatan yang tidak pantas'.

Posisi Ruan Yue kemudian digantikan Qin Zewen. Namun penunjukannya memicu kontroversi sebab dia bukan runner-up satu maupun runner-up dua Miss China 2022, melainkan hanya finalis.

Selain itu wanita 25 tahun ini juga tidak terlalu dikenal publik maupun di media sosial. Hanya 3.500 followers di akun Weibo pribadinya.

Qin Zewen juga dituding telah berbohong soal latar belakang pendidikan dan pekerjaannya. Dalam profil yang dirilis di daftar finalis Miss China, dia mengklaim memegang gelar S2 jurusan ekonomi Universitas Fudan di Shanghai dan pernah bekerja sebagai analis di Essence Securities, salah satu perusahaan sekuritas ternama China.

Qin Zewen.Qin Zewen. Foto: Dok. Miss World China

Pageant lovers yang tidak terima dengan penunjukannya sebagai Miss China 2022 kemudian mengorek berbagai informasi tentangnya dan menemukan berbagai dugaan mengejutkan. Kabarnya semua informasi tentang gelar sarjana dan pekerjaannya tidak benar.

Netizen menyebut bahwa Qin Zewen memanipulasi foto dirinya sedang kuliah di Universitas Fudan dengan editan Photoshop. Keaslian sertifikat yang menunjukkan dia pernah kuliah di Universitas Shanghai Jiaotong pun diragukan.

Lebih lanjut, Asosiasi Sekuritas China membantah klaim yang menyebut bahwa dia adalah analis investasi berlisensi. Kemudian Essence Securities membenarkan bahwa Qin Zewen memang pernah bekerja di perusahaan mereka, namun sebagai asisten analis, bukan analis keuangan.

"Selama bekerja di Essence, Qin bertanggungjawab mengerjakan tugas-tugas dasar seperti menghubungi klien dan membereskan dokumen-dokumen. Sudah delapan bulan sejak dia keluar dari perusahaan dan mandatnya sebagai analis keuangan sudah kedaluwarsa," demikian pernyataan tertulis dari Essence Securities.

Hingga saat ini Qin Zewen belum menanggapi soal kabar tak sedap yang menimpanya di tengah persiapannya berkompetisi di Miss World 2022. Dia masih aktif di media sosial dan baru-baru ini mengunggah foto dengan caption, "Hanya gadis kecil biasa."

Sementara itu pihak Miss World Organization telah mengetahui skandal dan kontroversi seputar Miss China. Mereka menyatakan akan menyelidiki permasalahan ini lebih lanjut.



Simak Video "Penyelenggara Miss World Selidiki Skandal Miss China 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)