ADVERTISEMENT

Non-Biner Viral, 3 Artis Ini Pilih Gender Netral, Bukan Pria Maupun Wanita

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Minggu, 21 Agu 2022 10:00 WIB
ruby rose Ruby Rose artis yang mengaku sebagai non-biner. Foto: Getty Images
Jakarta -

Istilah non-biner viral karena kasus seorang mahasiswa di Makassar, Sulawesi Selatan, yang ditegur karena mengaku memilih non-biner atau gender netral. Dia diusir saat mengungkapkan pengakuannya sebagai non-biner saat mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Mahasiswa tersebut diketahui bernama Muhammad Nabil Arif Adhitya. Awalnya, Nabil ditegur oleh dosen karena gelagatnya yang berbeda dari mahasiswa lainnya.

"Dia pake kipas angin jalan kaki terus dilarang. Terus ditanya laki-laki atau perempuan, terus dia bilang netral, bukan laki-laki bukan perempuan," kata Wakil Dekan III Unhas, Hasrul saat dikonfirmasi detikSulsel, Sabtu (20/8).

Teguran terhadap Nabil ini yang kemudian viral. Aksi peneguran tersebut berujung permintaan maaf dari Rektor Unhas Jamaluddin Jompa.

Apa sebenarnya non-biner?

Non-binary, atau dalam bahasa Indonesia disebut non-biner, adalah mereka yang tidak menggolongkan gender secara khusus sebagai laki-laki atau perempuan. Dengan begitu orang-orang non-biner juga tidak mengikuti norma kedua gender secara spesifik.

Seperti dikutip dari BBC, berdasarkan terminologi Asosiasi Psikologi Amerika, non-biner merupakan identitas gender yang tidak masuk golongan laki-laki maupun perempuan. Identitasnya bisa bervariasi sesuai apa yang diyakininya. Bisa tak bergender, laki-laki dan perempuan sekaligus atau 'netral' dan fleksibel. Itulah sebabnya mereka lebih memilih disapa dengan 'they/them'. Bukan sapaan 'dia' berdasarkan gender seperti 'she' atau 'he'.

Artis yang Mengaku Sebagai Non-Biner

1. Sam Smith

Penyanyi Sam Smith kerap menunjukkan orientasi seksualnya yang berbeda. Ia juga pernah menyebut bahwa dirinya bukanlah pria atau wanita, tapi di antaranya.

Pada September 2019 melalui Instagram, Sam Smith mengumumkan agar orang memanggilnya dengan sapaan netral. Ia tidak mau disebut sebagai 'he' yang merujuk kepada laki-laki atau 'she' sebagaimana ke perempuan.

"My pronouns are they/them," tulis Sam Smith yang mengklasifikasikan dirinya sebagai non-binary.

Janelle Monae

Janelle Monae juga memanfaatkan Twitter untuk mengumumkan bahwa dirinya penganut non-binary. Pada Jumat (14/5/2021) pekan lalu, dia me-retweet gif karakter non-biner dari sebuah tayangan animasi dengan caption, "Kamu laki-laku atau perempuan? Saya adalah pengalaman. Tidak ada yang lebih baik dari menjalani hidup di luar gender."

Dia pun menambahkan tagar bertulisan #IAmNonbinary dengan emoji Saturnus. Sebelumnya pada 2018, dia mengaku sebagai panseksual, yakni sebutan bagi seseorang yang tertarik secara seksual bukan karena gender, tapi personal.

Ruby Rose

Model dan aktris Ruby Rose menyatakan kalau dia adalah non-biner pada 2014. Kepada Guardian, sosok yang khas dengan gaya androgini ini mengatakan kalau dia bukanlah laki-laki maupun perempuan.

"Saya merasa seorang laki-laki, tapi sepertinya tidak harus terlahir dengan organ-organ tubuh yang berbeda atau semacamnya. Semuanya bisa terlihat dari bagaimana saya berbusana dan bicara dan terlihat dan yang saya rasakan, dan itu membuat saya bahagia... Saya benar-benar berada di osisi netral, dan saya bersyukur untuk itu," ujarnya seperti dikutip dari Insider.



Simak Video "Pertama Kali TSM Cibubur Hadirkan Trans Wedding Fair"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
e-Life
×
Sumbu Pendek Picu Kriminalitas
'Sumbu Pendek' Picu Kriminalitas Selengkapnya