Cetak Sejarah, Kontestan Transgender di Final Miss Universe Vietnam 2022

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Kamis, 23 Jun 2022 14:00 WIB
Do Nhat Ha, kontestan transgender di Miss Universe Vietnam 2022 Do Nhat Ha, kontestan transgender di Miss Universe Vietnam 2022. Foto: Instagram@donhatha.2912
Jakarta -

Miss Universe Vietnam meloloskan transgender sebagai finalis. Do Nhat Ha, seorang transgender wanita, mendapatkan tiket emas untuk berkompetisi dengan 70 kontestan lainnya.

Seperti dikutip dari Angelopedia, ini merupakan pertamakalinya, organisasi Miss Universe Vietnam menerima kontestan transgender hingga masuk ke babak final. Do Nhat Ha pun merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan langka tersebut.

"Saya menghargai kesempatan yang diberikan kepada saya oleh organisasi. Berdiri di panggung kontes adalah impian dan keinginan saya. Saat memegang tiket spesial ini di tangan, saya menangis. Saya akan berusaha yang terbaik. Saya akan melakukan yang terbaik untuk menunjukkan diri dan menyebarkan suara dari komunitas LGBT," tuturnya.

Do Nhat Ha dinyatakan lolos ke final Miss Universe Vietnam oleh organisasi di bawah naungan Miss Universe Organization internasional. Meski begitu, dia tidak akan berkompetisi untuk memperebutkan mahkota maupun gelar juara.

Berdasarkan regulasi resmi, wanita kelahiran Ho Chi Minh, Vietnam, 26 tahun lalu ini hanya bisa melaju sampai 41 besar. Do Nhat Ha tidak akan berkompetisi Top 10 maupun Top 5.

Do Nhat Ha, kontestan transgender di Miss Universe Vietnam 2022Do Nhat Ha, kontestan transgender di Miss Universe Vietnam 2022 Foto: Instagram@donhatha.2912

"Kami memberi kesempatan bagi para kandidat transgender karena kami ingin mereka bisa mengekspresikan diri sendiri di panggung dan menyampaikan suara komunitas mereka ke semua orang," jelas Kepala Organisasi Miss Universe Vietnam Tan Ngoc Nhat.

Do Nhat Ha sudah tak asing lagi di dunia kontes kecantikan. Dia masuk dalam enam besar Miss International Queen 2019, sebuah kompetisi kecantikan khusus transgender. Selain itu ia juga berprofesi sebagai model.



Simak Video "Selain Indonesia, Negara Ini Juga 'Skip' Miss Universe 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)