Wawancara Eksklusif

Jadi Korban Body Shaming, Ini Cara Miss Universe 2021 Hadapi Pelaku Bully

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 31 Mei 2022 08:00 WIB
Newly crowned Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu poses during a press conference following the 70th Miss Universe pageant, Monday, Dec. 13, 2021, in Eilat, Israel. (AP Photo/Ariel Schalit) Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu. Foto: Dok. AP
Jakarta -

Harnaaz Sandhu sempat jadi korban body shaming setelah memenangkan Miss Universe 2021. Penampilannya dikritik netizen karena dianggap tidak menjaga berat badan sebagai juara kontes kecantikan.

Perundungan dan body shaming bukan kali itu saja dialami wanita asal India ini. Bahkan jauh sebelum mengikuti Miss Universe, Harnaaz Sandhu juga kerap kali diejek teman-temannya. Saat beranjak remaja, wanita 22 tahun ini di-bully karena dianggap terlalu kurus.

Beberapa kali mendapat perlakuan body shaming tak melunturkan kepercayaan diri Harnaaz Sandhu, tapi justru menjadi motivasinya untuk terus maju dan unjuk diri. Bahwa dirinya bisa sukses di tengah keraguan banyak orang terhadapnya.

Newly crowned Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu poses during a press conference following the 70th Miss Universe pageant, Monday, Dec. 13, 2021, in Eilat, Israel. (AP Photo/Ariel Schalit)Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu. Foto: AP Photo/Ariel Schalit

Wanita dengan tinggi badan 175 cm ini pun punya pandangan tersendiri terhadap para pelaku bullying. Menurutnya perilaku itu merupakan refleksi terhadap cara dia memandang dirinya sendiri.

"Aku merasa ketika orang mengritik orang lain, dia sebenarnya sedang mengritik dirinya sendiri. Karena mereka tidak percaya diri dengan kemampuannya sendiri, mereka tidak siap menghadapi ujian dalam hidup, jadi mereka mengatakannya dengan lantang ke orang lain," tutur Harnaaz Sandhu saat wawancara eksklusif bersama Wolipop di Gedung Transmedia, Tendean, Jakarta Selatan, Sabtu (28/5/2022).

Harnaaz Sandhu menyarankan cara yang 'ampuh' untuk menghadapi pelaku bullying. Yakni dengan mengabaikannya dan lebih fokus untuk mengembangkan diri. Namun jika perundungan itu dirasa sudah mengganggu, jangan ragu untuk mengambil sikap tegas.

Harnaaz Sandhu, Miss Universe 2022Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu saat berkunjung ke Gedung Transmedia, Tendean, Jakarta Selatan. Foto: Rafida Faradhian

"Ketika itu (bullying) terjadi padamu, abaikan saja adalah jawaban terbaik. Atau katakan saja, katakan apa yang kamu rasakan, jangan kamu simpan sendiri. Kamu punya pilihan untuk melaporkannya. Jadi kamu bisa melaporkannya jika itu terlalu sensitif untukmu," tukas wanita yang sedang mengejar gelas master di jurusan administrasi publik ini.

Pada akhirnya, menurut Harnaaz Sandhu, kekuatan cinta lah yang sanggup menghilangkan kebencian. Menunjukkan sikap tegas terhadap pelaku bullying boleh saja dilakukan, namun jangan balas kebencian dengan sikap benci juga.

"Akan ada banyak orang di luar sana yang akan menunjukkan kebencian, kamu harus mengubahnya dengan menunjukkan cinta. Kamu jangan membenci mereka lagi," pungkasnya.



Simak Video "Sejarah India Juarai Miss Universe 2021 Setelah 21 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)