ADVERTISEMENT

Curhat Model Transgender Dilarang Masuk Dubai, Diinterogasi Jenis Kelaminnya

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 23 Mar 2022 18:00 WIB
Rachaya Noppakaroon Foto: dok. Instagram
Jakarta -

Model transgender asal Thailand sangat bersemangat melakukan perjalanan ke Dubai untuk melakukan demonstrasi Muay Thai di acara pameran World Expo. Sayangnya, kedatangannya ditolak. Transgender beramama Rachaya Noppakaroon itu diminta pulang kembali ke negaranya.

Di Facebooknya, Rachaya mengungkapkan kesedihannya. Ketika baru tiba di bandara di Dubai, dia sudah digiring ke kantor imigrasi Dubai. Dia diinterogasi perihal jenis kelaminnya selama berjam-jam.

Rachaya mengatakan bahwa dia dipermasalahkan karena paspornya mengatakan bahwa dia adalah laki-laki. Meskipun sudah memiliki dokumen yang layak, namun akhirnya dia ditolak masuk Dubai dan dipaksa kembali ke Thailand hanya 19 jam setelah dia tiba.

Dia pun kembali ke Thailand dan harus melakukan karantina lagi. Rachaya tak memungkiri rasa sedih dan kecewanya.

"Mimpi buruk saat mataku terbuka. Kami sangat bertekad untuk tampil di Dubai," ungkap Rachaya.

Di akhir unggahannya, finalis Miss Tiffany 2014 (kontes kecantikan transgender) itu mengklarifikasi bahwa dia tidak menyalahkan aturan yang ada di Dubai, melainkan undang-undang di Thailand yang tetap mencantumkan dia sebagai laki-laki meski sudah melakukan perubahan secara total.

Menurutnya, aturan seperti itu seharusnya diperbaiki. Masalah ini akan terjadi juga bagi transgender lainnya.

Menurut KUHP Dubai,i transgender atau homoseksual adalah ilegal. Seks antara orang-orang dengan jenis kelamin yang sama dan ekspresi gender orang trans dapat dihukum oleh hukum hingga 14 tahun penjara dan denda sekitar $ 2.700.



Simak Video "Unggah Pas Foto Buku Nikah, Kaesang: Minta Doanya Menuju Halal"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)