Model Transgender Pertama yang Tampil di Vogue Meninggal di Usia 86

Tim Wolipop - wolipop Kamis, 30 Des 2021 12:30 WIB
April Ashley, model transgender yang meninggal dunia Foto: dok. Twitter
London -

April Ashley, model transgender pertama yang tampil di Vogue meninggal dunia. Transgender wanita asal Inggris itu meninggal di usia 86 tahun.

Ashley yang lahir di Liverpool muncul di majalah Vogue Inggris pada tahun 1960. Pada saat itu, dia tidak diketahui publik sebagai transgender tetapi dalam sebuah film dokumenter yang tidak dipublikasikan, Ashley mengatakan bahwa orang-orang yang bekerja dengannya tahu tentang gendernya.

Sang model meninggal di rumahnya di London pada Senin (27/12/2021). Berita kematiannya pertama kali dilaporkan oleh Liverpool Echo, dan penyebab kematiannya belum diungkap.

Seperti dikutip NY Post, Ashley merupakan orang Inggris kedua yang menjalani operasi pergantian kelamin dari pria ke wanita. Ashley yang lahir dengan nama George Jamieson itu menjalani operasi reassignment pada 1960 sebelum ia tampil di halaman Vogue.

Kabarnya sejumlah selebriti pria pada masa itu tertarik kepada Ashley. Mulai dari Elvis Presley, Pablo Picasso hingga Salvador Dali disebut-sebut naksir dengan sang transgender.

Pada tahun 1962, dia menikahi dengan pria kaya raya bernama Arthur Corbett. Namun sang suami menceraikannya pada 1969 karena gendernya. Dan pernikahan tersebut dibatalkan secara hukum karena dianggap tidak sah.

Pada 2005, dia diberikan akta kelahiran baru. Dia disahkan sebagai perempuan setelah Undang-undang Pengakuan Gender pada 2004 diberlakukan.



Simak Video "Kisah Transgender Amar, Bersikap Setelah Bertemu Tokoh Agama"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)