Ini Wanita Transgender Pertama yang Akan Jadi Kontestan Miss USA

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 30 Jun 2021 10:40 WIB
Kataluna Enriquez Foto: Instagram @missnusa
Jakarta -

Kataluna Enriquez baru saja terpilih menjadi Miss Nevada. Wanita itu pun mendobrak sejarah sebagai transgender pertama yang memenangkan kompetisi tersebut dan nantinya menjadi kontestan Miss USA. Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi Kataluna yang memang sudah bercita-cita menjadi Miss Universe sejak tahun lalu.

Kataluna Enriquez adalah seorang ratu kecantikan transgender yang berdarah Filipina-Amerika. Ia mengaku awalnya merasa takut dikucilkan karena perbedaan gender namun memutuskan untuk keluar dari 'cangkang' untuk membagikan inspirasinya. Setelah mengikuti berbagai kompetisi, wanita 27 tahun itu akhirnya sukses menyandang gelar Miss Nevada yang membawanya selangkah lebih maju ke ajang Miss Universe yang dicita-citakan.

Transgender itu sendiri mulai sering ikut kontes kecantikan di 2016 selagi bekerja sebagai model. Diakuinya jika hal tersebut tidaklah selalu berjalan mulus. Kataluna kerap kali mengalami sejumlah kejadian 'asam' setelah para juri mengetahui identitas aslinya.

[Gambas:Instagram]



"Aku diminta untuk menyediakan dokumen yang menurutku invasif, secara fisik memintaku untuk mendapatkan surat dari dokter," ungkapnya kepada KVVU-TV. "Itu juga membawaku kembali pada waktu di mana aku merasa tidak disambut dengan baik, itu memalukan," kata Katula.

"Aku sering dibilang bahwa ini dosa dan mengambil kesempatan dari anak-anak gadis. Orang punya opini mereka sendiri dan saat dipanggil pria, itu tidak menyakitkan bagiku. Aku sudah sering mendengarnya," tambahnya.

Ia pun mengungkap perbedaannya dengan wanita lain saat mengikuti kontes kecantikan. "Biasanya ketika berpikir soal kontes kecantikan adalah untuk wanita yang langsing, tinggi, punya gigi bagus tapi aku bukan hanya soal tubuh, aku adalah seseorang yang bergelut dengan kesehatan mental dan aku seorang penyintas,"

[Gambas:Instagram]



"Aku tumbuh dalam kemiskinan dan harus mengusahakan jalanku sendiri. Banyak wanita yang berbagi kisah yang sama dan aku pikir kita harus fokus pada itu dari pada hanya kecantikan," ujarnya.

Sebelum mengikuti Miss Nevada, ia pernah memenangkan cukup banyak ajang lain, mulai dari Queen California, Queen USA 2016, Super Sireyna WWUSA, kontes transgender internasional Queen of the Universe hingga Miss Silver State USA.

"Bahkan sekarang orang masih sering menyakiti atau takut menunjukkan diri mereka yang sebenarnya dan aku mengerti mengapa. Itulah mengapa kita perlu berdiskusi dan berbagi cerita dan diri autentik kita. Aku pikir ini waktunya untuk melihat orang trans di panggung Miss USA dan aku ingin membuat sejarahnya," tutur Kataluna.

Jika Katuluna Enriquez menang Miss USA, dia akan berkompetisi sebagai wanita transgender kedua dalam Miss Universe setelah Angela Ponce dari Spanyol di 2018.

(ami/ami)