Kisah Para Wanita yang Pinjam Uang Demi Pria dari Tinder, Berakhir Bangkrut

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 07 Feb 2022 19:03 WIB
asian depression sad woman is standing by windows alone at home and thinking negative thoughts Foto: Getty Images/PonyWang
Jakarta -

Film dokumenter 'The Tinder Swindler' mengungkap kisah para wanita yang menjadi korban penipuan berkedok asmara. Seorang pria 31 tahun asal Israel yang dikenal sebagai Simon Leviev dituduh menggoda sejumlah wanita lewat Tinder agar mau memberinya uang. Par korban Simon bahkan sampai bangkrut, terlilit utang hingga masuk rumah sakit jiwa.

Simon Leviev atau Shimon Yehuda Hayut dilaporkan menipu banyak wanita dengan mengaku sebagai 'Pangeran Berlian'. Ia mengklaim dirinya adalah anak pengusaha berlian, Lev Leviev, lalu untuk menjerat para korban dengan mengaku keamanannya terancam. Bukan hanya untuk dipacari, Shimon juga memakai uang mereka untuk skema ponzi agar bisa memberikan barang-barang mewah kepada pacar-pacarnya yang lain.

Kisah Cecilie Fjellhoy

[Gambas:Instagram]



Salah satu korban Simon adalah Cecilie yang telah meminjamkan uang hingga kartu kreditnya. Setelah bertemu di Tinder, ia mengaku memang sangat terpesona dan jatuh cinta dengan Simon yang memanggilnya sebagai 'calon istri'. Meski baru kenal empat bulan, Cecilie pun mempercayainya hingga rela meminjam sejumlah uang untuk membuatkan kartu kredit.

Dengan kartu tersebut, Shimon menghabiskan sekitar Rp 3,2 miliaran, termasuk untuk membayar dua asisten, pengawal, dan terbang ke berbagai negara. Diketahui jika Shimon juga menggunakannya untuk beli Louboutin di Bangkok, Gucci di Barcelona hingga pesan kamar di Ritz Carlton Berlin untuk dipakai bersama wanita lain. Karena masalah ini, Cecilie punya banyak utang dan bangkrut.

Simon sempat bilang ingin mengembalikan uang tersebut tapi tidak terjadi. Karenanya, Cecilie mengalami stres berat hingga terpikir untuk bunuh diri. "Aku harus dimasukkan ke rumah sakit. Rumah sakit jiwa. Karena pikiran bunuh diri karena aku pikir hidupku sudah berakhir, seperti aku tidak bisa melihat jalan keluar. Kamu kehilangan pacarmu tapi dia tidak hanya mencampakkanmu, tidak tidak pernah ada, dia tidak pernah menjadi pacarmu," tutur Cecilie.

Kisah Ayleen Charlotte

Ayleen CharlotteAyleen Charlotte Foto: Netflix

Wanita lain yang terlilit utang karena ulah Simon Leviev adalah Ayleen. Wanita yang disebut pahlawan dalam pengungkapan kasus 'The Tinder Swindler' itu juga bertemu dengan si 'penipu ulung' dari Tinder. Kepada Ayleen, Simon mengaku dikejar-kejar orang jahat yang ingin mengambil uangnya lalu meminjam uang mencapai $140 ribu atau Rp 2 miliaran.

Setelah membaca artikel soal Simon dan menyadari ia dan banyak wanita tertipu, Ayleen berniat untuk balas dendam. Ayleen kemudian meyakinkan Shimon agar mereka tetap bersama selagi menjual sejumlah barang-barang mahalnya tapi hasilnya tidak pernah diberikan pada si pria.

Kisah Lee dari Malaysia


Kisah lain datang dari Lee asal Malaysia yang bertemu pria bernama Kevin di Tinder. Dilansir The Star, mereka berhubungan selama tiga bulan sampai suatu hari Kevin yang mengaku bekerja di industri gas dan minyak mengaku butuh pinjaman uang. Ketika itu, ia mengaku ingin membeli produk kimia untuk berbisnis. Percaya pada Kevin, Lee pun langsung meminjamkan RM9,000 (Rp 30 jutaan).

Setelah itu, Kevin dan Lee sempat bertemu di mana si pria berjanji akan melamar wanita tersebut bulan depan. Tak diketahui apa yang terjadi pada mereka setelahnya tapi tak lama kemudian Lee kehilangan pekerjaan. Lee pun harus meminjam uang dari rentenir untuk membayar uang yang sebelumnya dipinjamkan pada Kevin.

Karena 'tertipu' pria di Tinder, total utang yang harus dibayar Lee mencapai RM 50,000 (Rp 172 jutaan) hingga orang tua wanita tersebut sudah memberi bantuan untuk mengeluarkannya dari lilitan utang. Meski begitu, utangnya belum bisa secara penuh terbayarkan sehingga Lee mulai dikejar-kejar rentenir. Ketika itu, mereka pun bernegosiasi di mana Lee ditawarkan untuk berpose tanpa busana agar utangnya lunas dan terpaksa Lee harus menyetujui.

(ami/ami)