7 Fakta Aprilio Manganang, Dulu Viral Ganti Kelamin Kini Tunangan

R Chairini Putong - wolipop Senin, 24 Jan 2022 21:00 WIB
Aprilio Manganang dan tunangannya Claudya. Foto: Instagram @manganang92 Aprilio Manganang dan tunangannya Claudya. Foto: Instagram @manganang92
Jakarta -

Aprilio Manganang, mantan atlet voli yang sempat viral diidentifikasi sebagai wanita, bertunangan dengan kekasihnya Claudya. Pria 29 tahun itu membagikan momen bahagianya lewat unggahan Instagram.

Sebelumnya Aprilio Manganang dikenal publik dengan nama Aprilia Manganang. Dia meniti kariernya sebagai atlet voli yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Pada 2021, Aprilio Manganang viral menjadi perbincangan warganet karena diidentifikasi sebagai wanita namun dari penampilannya terlihat seperti pria.

Berikut 7 fakta Aprilio Manganang yang viral ganti kelamin hingga tunangan:

1. Kiprah Aprilio Manganang sebagai Atlet Voli

Aprilio Manganang kerap mendapatkan predikat pemain terbaik (MVP) Proliga selama berkarier sebagai atlet voli. Dia menggeluti olahraga tersebut sejak bangku SMP. Ketertarikan Aprilio Mangang terhadap voli muncul setelah melihat kakaknya, Amasya Manganang bisa mengumpulkan uang sebagai pevoli internasional.

Aprilia Manganang, andalan timnas voli putri pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur nanti.Aprilio Manganang. Foto: Femi Diah/detikSport

Pria asal Sulawesi Utara itu memulai kariernya bersama Alco Bandung, dan berpindah-pindah klub mulai dari Jakarta BNI 46 hingga Manokwari Valeria. Tak cuma berkarier di dalam negeri, Aprilio Manganang juga pernah tergabung dalam klub Thailand Generali Supreme Chonburi E-Tech.

Dia membawa klubnya itu menjadi juara Thai-Denmark Super League 2019 sekaligus menjadi MVP. Aprilio Manganang juga mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2015 dan 2019 serta perak SEA Games 2017. Hingga memutuskan untuk pensiun dari dunia voli pada Agustus 2020.

2. Kelainan Aprilio Manganang

Saat viral menjadi perbincangan, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa menggelar konferensi pers untuk meluruskan soal Aprilio Manganang yang saat itu masih bernama Aprilia Manganang.

KSAD jumpa pers terkait Aprilia ManganangKSAD jumpa pers terkait Aprilio Manganang. Foto: Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom

Tentara pria berpangkat Sersan Dua di TNI Angkatan Darat itu dipanggil ke Jakarta untuk melakukan pemeriksaan di RSPAD. Dari hasil pemeriksaan, terungkap bahwa Aprilio Manganang mengalami kelainan hipospadia sehingga awalnya dikira wanita. Aprilio Manganang pun memiliki organ kelamin laki-laki begitu pula hormonnya.

Kelainan hipospadia membutuhkan penanganan berupa operasi. Sehingga TNI AD membantu Aprilio Manganang dalam corrective surgery sebanyak dua kali.

3. Pernah Jadi Korban Bully

Menurut Jenderal Andika Perkasa, Aprilio Manganang kerap menjadi objek perundungan atau bullying. Pria kelahiran 27 April 1992 itu mengaku telah dirundung sejak kecil hingga duduk di bangku SMA.

"Excited-nya, ini pengakuan Manganang dia sering lah jadi objek bully-an, tadi yang saya bilang, mungkin dari dia kecil sampai SMA, SMA pun mungkin sampai sekarang pun ada yang nggak punya rem, apa yang dilihat langsung ditanyakan sehingga itu yang membuat Sersan Manganang cenderung menjauh. Tidak seperti kita yang normal bergaul segala macam tapi dia lebih membatasi," kata Jenderal Andika, seperti dikutip dari detiknews.

Seperti apa momen tunangan Aprilio Mangandang dan Claudya? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2