Bumil Tiba-tiba Datangi Rumah Bupati, Ngidam Naik Mobil Mewah, Endingnya Haru

Jalu Rahman Dewantara - wolipop Rabu, 10 Nov 2021 11:08 WIB
Laila Umi Karimah saat menaiki mobil dinas bupati Kulon Progo mengelilingi Alun-alun Wates, Selasa (9/11/2021). Foto: Jalu Rahman Dewantara/Detikcom
Kulon Progo -

Seorang ibu hamil bernama Laila Umi Karimah (28) diajak Bupati Kulon Progo, Sutedjo, mengelilingi Alun-alun Wates menggunakan mobil dinasnya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi keinginan bumil tersebut yang sudah lama ngidam naik mobil dinas bupati.

Momen unik itu terjadi pada Selasa (9/11/2021) sore. Laila yang merupakan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Alun-alun Wates ini secara tiba-tiba mendatangi Rumah Dinas Bupati Kulon Progo, yang terletak di sisi utara alun-alun. Bersama dua rekannya sesama PKL, perempuan yang tengah hamil empat bulan itu meminta izin Bupati Sutedjo untuk bisa naik mobil berplat AB 1 C, yang tak lain adalah kendaraan operasional bupati.

Tak dinyana, keinginan perempuan asal Wates ini ternyata mendapat lampu hijau. Bahkan Sutedjo memutuskan ikut mendampinginya berkeliling kawasan Alun-alun Wates dengan mobil dinas jenis sedan itu.

Didampingi sopir, Sutedjo dan Laila duduk bersebelahan di bangku belakang. Selama perjalanan yang kurang lebih memakan waktu 15 menit itu, keduanya nampak asyik mengobrol laiknya seorang bapak dengan anak perempuannya.

Laila Umi Karimah saat menaiki mobil dinas bupati Kulon Progo mengelilingi Alun-alun Wates, Selasa (9/11/2021).Laila Umi Karimah saat menaiki mobil dinas bupati Kulon Progo mengelilingi Alun-alun Wates, Selasa (9/11/2021). Foto: Jalu Rahman Dewantara/Detikcom

"Bahagia, terharu, terimakasih pak (Sutedjo), bu (istri Sutedjo), boleh naik mobil AB 1, terharu aja," kata Laila saat mengungkapkan perasaannya usai bisa menaiki mobil dinas bupati, kepada wartawan, Selasa.

Laila mengatakan keinginannya untuk bisa menaiki mobil dinas bupati ini sudah muncul sejak pertengahan 2021, atau saat kandungannya menginjak usia 2 bulan.

"Sejak dua bulan, terus bilang ke Pak Bimo (Ketua PKL Alun-alun Wates) bisa dipertemukan dengan Pak Bupati tidak, karena mau naik mobil AB 1," ucap perempuan yang sudah menikah sejak tahun 2019 itu.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengaku tidak keberatan mobil dinasnya digunakan untuk mewujudkan keinginan Laila. Ia justru merasa terharu dan tanpa berpikir panjang langsung mewujudkan keinginan perempuan tersebut.

Laila Umi Karimah saat menaiki mobil dinas bupati Kulon Progo mengelilingi Alun-alun Wates, Selasa (9/11/2021).Laila Umi Karimah dan Bupati Kulon Progo usai mengelilingi Alun-alun Wates, Selasa (9/11/2021). Foto: Jalu Rahman Dewantara/Detikcom

"Begitu Mbak ini tadi mengutarakan niatnya naik mobil dinas, terus terang saya tidak berpikir panjang. Langsung saya silahkan. Karena mobil ini kan bukan milik pribadi saya, dan untuk kepentingan banyak orang saya persilahkan, jadi saya sangat terharu dan ingin membantu pada mbak ini," ucap Sutedjo.

"Dan itu sebenarnya kan bukan pengennya mbak ini, tapi kemauan jabang bayi, dan karena ini sudah keturutan keliling alun-alun kami mendoakan semoga nanti bayinya bisa tumbuh sempurna, dan saat kelahirannya mudah-mudahan dilancarkan dan selamat. Kemudian besok bayi ini bisa jadi anak yang soleh atau sholehah," sambungnya.

(eny/eny)