Tak Biasa, Wanita Hamil Ini Ngidam Minum Cairan Antiseptik

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 12 Sep 2021 19:00 WIB
Front view of cropped long hair brunet caucasian pregnant woman, sitting in crossed legs, in yoga pose, in bed at home, holding her belly with hand. Maternity, pregnancy, new life. Foto: Getty Images/iStockphoto/Basilico Studio Stock
Jakarta -

Ngidam adalah hal biasa yang umum dirasakan oleh para ibu hamil. Namun tak seperti ngidam yang dirasakan oleh ibu hamil pada umumnya, wanita yang satu ini justru ngidam meminum cairan antiseptik Dettol.

Seperti dikutip dari Daily Mail, wanita asal Brisbane itu menceritakan kisahnya melalui unggahan di Facebook. Dia mengungkapkan tentang obsesi ngidamnya yang aneh dan bertanya di mana dirinya dapat membeli produk cairan antiseptik tersebut dalam jumlah yang besar.

Sang wanita mengatakan bahwa dirinya sangat terobsesi dengan aroma Dettol. Bahkan jika dia bisa, dirinya mau meminum cairan antiseptik tersebut.

Berdasarkan keadaannya, wanita tersebut mungkin saja menderita PICA. PICA adalah suatu kondisi langka yang dapat membuat seseorang menginginkan barang-barang yang bukan makanan jika kekurangan vitamin atau mineral tertentu.

Beberapa wanita yang mengalami kondisi tersebut mengatakan bahwa mereka diberi transfusi zat besi ketika ngidam bahan kimia yang aneh. Tak sedikit juga netizen yang mengomentari unggahan tersebut dan ikut menceritakan tentang ngidam aneh yang dirasakannya.

Ada wanita hamil lain yang mengatakan bahwa dirinya ngidam cairan pemutih dan sangat ingin meminumnya tetapi tidak bisa. Beberapa wanita mengatakan bahwa hal itu dikarenakan mereka kekurangan zat besi.

Menurut Healthline, sangat penting untuk berkonsultasi ke dokter jika merasa memiliki penyakit PICA selama kehamilan. Kemungkinan besar dokter akan memberikann vitamin pra-kelahiran, diet yang lebih seimbang atau transfusi bagi ibu hamil penderita PICA. Biasanya, PICA sendiri akan hilang dengan sendirinya saat bayi lahir.

Menelan cairan antiseptik sendiri sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah keracunan. Oleh sebab itu cairan antiseptik tidak boleh sampai tertelan, apalagi secara sengaja dan dalam jumlah banyak.

(vio/vio)