Squid Game Dituding Tampilkan Wanita Sebagai Objek, Adegan Intim Jadi Sorotan

R Chairini Putong - wolipop Minggu, 03 Okt 2021 17:00 WIB
Squid Game Dituding Tampilkan Wanita Sebagai Objek Pemeran Han Minyeo dalam drama Korea Squid Game. Foto: dok. Netflix
Jakarta -

Drama Korea Squid Game kembali menuai kontroversi, setelah mengekspos nomor telepon netizen Korea dan dituduh plagiat. Netizen menuding Squid Game menyebarkan misogini atau kebencian terhadap wanita.

Hal itu bermula dari salah satu adegan yang dilakoni Kim Joo Ryoung, pemeran Han Minyeo. Dalam episode empat Squid Game, ia menggoda Jang Deok Su (pemain Heo Sung Tae) untuk melakukan hubungan intim.

Netizen Korea menilai adegan dalam kamar mandi itu terkesan misogini. Pasalnya, pemeran antagonis Squid Game itu mengharapkan bantuan Jang Deok Su agar memenangkan permainan bertahan hidup.

Episode tujuh Squid Game pun tak luput dari perhatian netizen Korea. Episode itu menampilkan beberapa pemain figuran wanita yang nyaris telanjang dengan siraman body paint dan mematung di ruangan VIP.

Pemain Figuran Nyaris Telanjang di Squid GamePemain Figuran Nyaris Telanjang di Squid Game Foto: dok. Netflix

Para VIP, yang datang dari luar Korea juga menaruh kakinya di atas badan pemain figuran. Netizen Korea menuding Squid Game menampilkan wanita sebagai 'objek'.

Sutradara Squid Game Bantah Tuduhan Misogini

Sutradara Squid Game, Hwang Dong Hyuk membantah tuduhan misogini yang dialamatkan netizen Korea. Menurutnya, Han Minyeo menggambarkan seseorang yang melakukan apa saja untuk bertahan dalam situasi terjepit.

Squid Game Dituding Tampilkan Wanita Sebagai ObjekSquid Game Dituding Tampilkan Wanita Sebagai Objek Foto: dok. Netflix

"Itu menunjukkan tindakan seseorang yang bisa melakukan apa saja dalam situasi ekstrim. Aku pikir itu adalah tindakan yang dilakukan manusia saat ditempatkan dalam situasi terburuk," ujar Hwang Dong Hyuk, seperti dilansir dari Koreaboo.

Diungkapnya tak semua pemeran figuran dalam ruangan VIP adalah wanita. Para pemain figuran Squid Game yang menjadi 'hiasan' adalah gambaran kaum elit mengobjektifikasi manusia.

"Aku pikir itu adalah adegan yang menampilkan orang-orang dengan kekuasaan dan seberapa jauh mereka merendahkan manusia. Tidak semua hiasan yang dilukis adalah perempuan."

"Setiap VIP pasti memiliki sosok perempuan dan laki-laki di sebelah mereka seperti hiasan. Tidak akurat untuk mengatakan itu adalah objektifikasi wanita. Aku menggunakan body paint untuk menunjukkan bagaimana para VIP mengobjektifikasi manusia," sambung Hwang Dong Hyuk.

Sementara itu, Squid Game menjadi drama Korea besutan Netflix yang paling banyak ditonton di 83 negara. Sembilan episode Squid Game dapat ditonton secara legal dengan subtitle Bahasa Indonesia.



Simak Video "Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)