TV Korsel Mnet Viral Dituduh Remix Azan, Pakai Lagu Ini dari Band Inggris

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 08 Sep 2021 09:45 WIB
Street Woman Fighter Poster acara Street Woman Fighter. Foto: (dok. Mnet)
Jakarta -

Stasiun televisi Korea Selatan, Mnet mendapat kecaman dari netizen di mancanegara. Pasalnya, Mnet diduga menggunakan azan sebagai bagian dari intro acara survival Street Woman Fighter.

Street Woman Fighter adalah acara survival Mnet yang menampilkan persaingan kru tari wanita. Terdapat delapan kru tari yang mewakili Korea Selatan dan bersaing untuk menjadi nomor satu.

Acara survival yang tengah menjadi kontroversi itu tayang perdana Selasa (24/8/2021). Kang Daniel didapuk sebagai MC, sementara BoA dan Taeyong NCT berperan sebagai juri dalam acara tersebut.

Namun, baru-baru ini penonton menyadari intro acara Street Woman Fighter terdengar seperti azan. Menurut seorang netizen, panggilan azan terdengar samar pada menit 00:57 hingga 1:40 dari intro.



Salah seorang pengguna TikTok @yourbestieotd pun membandingkan azan dan opening yang digunakan Mnet dalam acara survival Street Woman Fighter. Semakin banyak pula netizen yang menyadari kejanggalan tersebut.



Netizen mendesak Mnet untuk meminta maaf setelah menyalahgunakan panggilan azan. Tak sedikit netizen mengecam Mnet karena menggunakan azan dengan tujuan aesthetic dan hiburan dalam acara televisi.

Tagar #Mnetapologize diserukan di jagat Twitter untuk mendesak Mnet meminta maaf. Hingga pukul 09:00 WIB, tagar tersebut telah digunakan dalam 56,2 ribu tweets dan menjadi trending topic di Indonesia.

"ASTAGFIRULLAH MNET LO BERDOSA BGTT GILAA, SUARA ADZAN DI REMIX YA ALLAH, SAKIT BGT AGAMA GUA DIGINIIN
MINTA MAAF GAA CUKUP WOII, MASA GA TAU SUARA ADZAN," tulis akun dellaseptiana10.

"Gue emang suka sama grup grup korea. Tapi kalo udah menyangkut urusan agama sendiri, sorry ngefangirl gue pending dulu. Gue yakin mnet udah ngerencanain ini. Sekarang yang diperlukan banyak orang cuma lo minta maaf mnet!" seru akun _ttiwii.

"Astagfirullah, suka ngadi ngadi ni mnet. Sedih banget adzan tuh buat manggil orang ibadah ya Allah.. Minta maaf buru mnet," komentar akun Tasyadara131.

Lagu Berjudul AZAN yang Digunakan Mnet

Di tengah kontroversi Mnet, netizen menemukan lagu serupa yang diduga telah digunakan sebagai intro acara survival Street Woman Fighter. Lagu itu berjudul 'Azan' yang ditampilkan band Inggris, LOSERS.

Lagu 'Azan' dirilis pada 2010 dalam album berjudul Beautiful Losers. Netizen pun mengecam band Inggris tersebut karena dituding mencampurkan suara Azan dan membuat panggilan azan terdengar samar.

Kolom komentar kanal YouTube LOSERS diserbu netizen yang meminta video lagu 'Azan' dihapus. Hingga saat ini, pihak Mnet belum memberikan klarifikasi.



Simak Video "Permintaan Maaf Mnet soal Video Remix Suara Azan di TV Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)