Girls Planet 999 Dipandu Yeo Jin Goo Siap Tayang, Sewa Ahli Gizi Buat Peserta

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 06 Agu 2021 16:45 WIB
Girls Planet 999 Kontestan Acara Survival Girls Planet 999. Foto: dok. iQiyi
Jakarta -

Acara survival Girls Planet 999 memastikan kondisi fisik dan mental kontestan menjadi prioritas utama. Hal ini dilakukan Mnet setelah berkaca dari masa lalu, di mana kontestan acara survival 'Idol School' dibiarkan kelaparan.

Girls Planet 999 adalah acara survival Mnet setelah seri 'Produce' dan 'Idol School'. Acara ini fokus pada trainee wanita untuk melahirkan girl grup baru dengan 9 personel yang berasal dari Jepang, Cina, dan Korea Selatan.

Dari 13.000 pelamar, terpilih 99 kontestan dengan jumlah yang sama untuk tiap negara, masing-masing 33 trainee. Girls Planet 999 akan dipandu Yeo Jin Goo sebagai MC dan menghadirkan Sunmi dan Tiffany SNSD sebagai mentor.

Dalam konferensi pers Girls Planet 999, Producer Director (PD) Kim Shin Young menegaskan langkah yang dilakukan untuk memastikan kesejahteraan kontestan. Mereka menyewa ahli gizi dan mengindari kepadatan dalam asrama.

"Kami menganggap kesehatan fisik dan mental para peserta sebagai hal yang penting," ungkap Kim Shin Young, pada Kamis (5/8/2021).

"Untuk memastikan kehidupan yang nyaman, kami telah menyiapkan penginapan dengan jumlah orang seminimal mungkin, dan ahli gizi menyiapkan makanan yang bergizi," sambung PD Girls Planet 999.

[Gambas:Instagram]

Pihak Mnet juga menyiapkan sekuriti yang berjaga di sekitar asrama kontestan Girls Planet 999. Ada pula psikiater yang dapat membantu para kontestan bila memerlukan konsultasi, di tengah persaingan ketat untuk debut.

"Untuk melindungi kehidupan pribadi mereka, tidak hanya kru produksi, ada pula petugas sekuriti profesional dan juru bahasa yang dapat membantu komunikasi dan tinggal di asrama 24 jam sehari," jelas Kim Shin Young.

Kontroversi Acara Survival Mnet

Pada 2019, seorang kontestan acara survival 'Idol School' membeberkan kondisi buruk asrama yang mereka tempati. Para kontestan harus tinggal dalam studio yang baru selesai dicat dan memiliki ventilasi yang buruk.

"Penginapan pink yang ditampilkan di studio baru saja dibangun, jadi bau catnya sangat kuat dan ventilasi di sana tidak bagus," ungkap Lee Hae In, dalam program televisi 'PD Notebook'.

Kondisi Asrama Kontestan 'Idol School'Kondisi Asrama Kontestan 'Idol School' Foto: dok. YouTube Mnet Official

"Jika mengibas selimut sekali maka sejumlah debu besar akan keluar. Sampai-sampai gadis-gadis dengan kulit sensitif mendapat ruam kulit di mana-mana," sambung Lee Hae In.

Mnet mendapat kecaman karena mengabaikan kesehatan fisik dan mental kontestan acara survival 'Idol School'. Mereka dilarang meninggalkan studio selama lima bulan, dan dibiarkan menangis karena kelaparan.

"Ada gadis di sana yang baru berusia 12 tahun. Mereka masih tumbuh jadi tidakkah mereka harus makan? Mereka menangis karena tidak diberi makan. Kepalaku pusing dan aku berpikir 'Syuting macam apa ini?'" ungkap kontestan 'Idol School' yang menyembunyikan identitasnya.

Sistem Voting Mnet Diubah Menyusul Skandal

Lee Hae In sendiri merupakan korban manipulasi voting yang dilakukan Mnet. Acara survival 'Idol School' terbukti melakukan kecurangan karena telah menetapkan line up girl grup fromis9, dan mengabaikan hasil voting penonton.

Girls Planet 999 akhirnya mengubah sistem voting untuk menentukan kontestan yang berhasil debut. Hasil voting sebanyak 50 persen diambil dari Korea Selatan, sementara 50 persen diambil dari voting yang dilakukan penonton mancanegara melalui platform UNIVERSE.

Girls Planet 999 memiliki 12 episode yang akan tayang setiap hari Jumat pukul 20.20 KST di Mnet. Penonton Indonesia dapat menonton Girls Planet 999 dengan subtitle Bahasa Indonesia pukul 18.20 WIB di iQiyi.



Simak Video "Permintaan Maaf Mnet soal Video Remix Suara Azan di TV Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)