Yujin CLC Dihina Kontestan Cina 'Girls Planet 999', Netizen Korea Kecam Mnet

R Chairini Putong - wolipop Sabtu, 31 Jul 2021 14:31 WIB
Yujin CLC Yujin CLC untuk profil Girls Planet 999. Foto: dok. Mnet
Jakarta -

Yujin CLC tengah menjadi sorotan penggemar dan netizen Korea. Visual grup CLC itu mendapat hinaan dari kontestan Cina yang juga berpartisipasi dalam acara survival Mnet, Girls Planet 999.

Hal itu bermula dari video teaser Girls Planet 999 yang dirilis pada Jumat (30/7/2021). Dalam video tersebut, seorang kontestan asal Cina diminta untuk mengucapkan sepatah kata untuk Yujin CLC.

Kontestan asal Cina, Fu Yaning kemudian menyanyikan potongan lirik lagu 'Helicopter' yang dipopulerkan CLC. Namun, ia mengubah lirik lagu dan dianggap telah menghina Yujin CLC.

"We go up... but you don't (Kami naik... tapi kamu tidak)" kata Fu Yaning, sambil menunjuk ke arah Yujin CLC.

Saat kata-kata itu keluar dari Fu Yaning, ekspresi kedua mentor acara survival Girls Planet 999, Tiffany Young dan Sunmi langsung berubah. Mereka tak lagi tersenyum dan terdiam.

Kontestan lain pun terlihat terkejut dengan perkataan Fu Yaning pada Yujin CLC. Dalam voice over, terdengar suara kontestan Cina itu mengatakan, "Aku akan mengalahkan seluruh 99 gadis."

Sementara Yujin CLC memilih untuk diam, namun ia tidak terlihat senang dengan perkataan Fu Yaning.

Netizen Korea Kecam Perlakuan Mnet pada Yujin CLC

Netizen Korea tak percaya Mnet mengulangi taktik serupa seperti dalam acara survival mereka sebelumnya, Produce 48. Mereka menduga Mnet berencana menggunakan Yujin CLC untuk menciptakan situasi dramatis dalam acara Girls Planet 999.

Pasalnya, Yujin CLC adalah kontestan terkenal yang pernah debut sebagai idol KPop pada 2015. Ia telah memiliki banyak penggemar dan dapat meningkatkan rating acara survival Girls Planet 999.

Banyak yang mengingat bagaimana Kaeun After School dibuat seakan-akan memiliki situasi dramatis dalam Produce 48. Saat episode final, Mnet menyabotase voting Kaeun yang seharusnya berada pada peringkat lima dan bisa debut sebagai personel IZ*ONE, namun akhirnya menempati peringkat 14.

Netizen Korea juga menyoroti video teaser yang dibagikan Mnet pada Selasa (29/6/2021). Dalam video tersebut, para mentor terlihat sedang menonton klip audisi para kontestan.

Yujin CLCVideo audisi Yujin CLC dalam acara Girls Planet 999 Foto: dok. Mnet

Saat menampilkan video audisi Yujin CLC menarikan lagu KARA, Mnet menulis keterangan, "Pilihan lagu yang agak lama." Netizen Korea merasa Mnet telah mengina Yujin CLC karena memilih lagu dari grup yang debut pada 2007.

"Cukup yakin mereka akan menggunakan Yujin semau mereka dan mencurangi voting-nya di akhir," tulis seorang netizen.

"Seseorang tolong selamatkan Yujin," komentar seorang netizen.

"Sekali lagi, Mnet sangat pandai membuat penonton marah," timpal seorang netizen.

"Usia 26 tahun itu 'tua'? Berapa umurmu, yang memberi caption itu?" tambah netizen lain.


Acara Survival Girls Planet 999

Setelah sukses dengan seri Produce, Mnet melahirkan acara survival Girls Planet 999 yang fokus pada trainee wanita. Girls Planet 999 akan melahirkan girl grup baru dengan 9 personel yang berasal dari Jepang, Cina, dan Korea Selatan.

Girls Planet 999 resmi menggantikan seri Produce yang terhenti karena skandal manipulasi voting. Dari 13.000 pelamar, terpilih 99 kontestan yang berasal dari Jepang, Cina, dan Korea Selatan dengan jumlah yang sama untuk tiap negara, masing-masing 33 trainee.

Acara survival itu akan tayang pada Jumat (6/8/2021) mendatang pukul 20.20 KST di Mnet. Beberapa kontestan acara Girls Planet 999 pernah debut sebagai idol KPop antara lain Yujin CLC, Jiwon Cherry Bullet, dan Bora Cherry Bullet.



Simak Video "Permintaan Maaf Mnet soal Video Remix Suara Azan di TV Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)