10 Fakta Zhang Zhehan, Aktor yang Dihujat karena Foto Bareng Dewi Soekarno

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 06 Sep 2021 17:00 WIB
Zhang Zhehan Foto: Internet
Jakarta -

Zhang Zhehan adalah salah satu artis China yang penampilannya sudah sulit ditemukan bahkan di internet. Aktor tampan tersebut bulan lalu jadi kontroversi karena masalah foto di kuil Jepang. Sejak saat itu, akun media sosialnya mulai dibekukan dan kini ia terpaksa mundur dari dunia hiburan. Intip fakta-fakta Zhang Zhehan.

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Aktor Populer China
Zhang Zhehan adalah aktor China yang cukup populer dan banyak bermain di sejumlah drama dan film. Pria 30 tahun tersebut juga seorang atlet dan penyanyi yang pernah merilis album. Salah satu drama yang paling populer adalah Word of Honor, Legend of Yun Zi, dan Legend of Ban Shu.

Tersandung Skandal Setelah Melejit
Di tengah popularitasnya yang melejit setelah membintangi drama Word of Honor yang diadaptasi dari novel BL (Boys Love), ia malah terlibat skandal. Zhang Zhehan mendapat hujatan setelah foto-fotonya saat berada di Jepang tersebar. Ia dianggap tidak nasionalis karena mengunjungi dua kuil di sana.

Awal Kasus

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Hal ini berawal ketika ia menghadiri pernikahan di Kuil Nogi. Berdasarkan laporan, ia menjadi tamu dari mantan perdana menteri Junichiro Koizumi dari Keluarga Sato yang masih keturunan petinggi militer Jepang. Karena itu, ia dianggap melukai nasionalisme.

Foto Bareng Dewi Seokarno

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Hal lain yang menjadi perhatian netizen adalah foto Zhang Zhehan bersama Dewi Soekarno dalam pernikahan tersebut. Hal ini ternyata menjadi sesuatu yang sensitif karena sosok mantan istri presiden pertama Indonesia tersebut cukup kontroversial di China. Dewi sering dikritik karena dianggap mengungkap pernyataan anti-China dan memberikan informasi yang salah soal invasi Jepang ke China.

Kunjungi Kuil di 2018

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Setelah para netizen menggali foto-foto lamanya dan menemukan bahwa ia pernah mengunjungi Kuil Yasukuni di 2018. Hal tersebut membuatnya semakin dihujat karena tempat itu dipersembahkan untuk menghormati tentara-tentara Jepang yang tewas dalam perang dunia kedua. Zhang dianggap tidak patriotis karena Jepang menginvasi China kala itu.

Sempat Minta Maaf
Karena kontroversi ini, Zhang Zhehan telah meminta maaf. Dalam pernyataannya di Weibo, ia mengaku bukanlah pro-Jepang dan mencintai negaranya. "Sebagai figur publik, aku harusnya selalu mengingat luka yang ditinggalkan pada sejarah kita dan di masa depan aku akan belajar lebih dalam soal sejarah dan budaya,"

Akun Medsos Dibekukan
Tak lama kemudian jejak Zhang Zhehan mulai menghilang dari internet. Weibo dan Douyin resminya tidak bisa diakses lagi setelah ia dianggap tidak patriotik. Perwakilan Weibo menyatakan jika ia adalah publik figur dengan banyak fans yang seharusnya punya pengetahuan dasar mengenai sejarah bangsa.

Zhang ZhehanZhang Zhehan dalam drama Word of Honor. Foto: Netflix


Diputus Kontrak Brand-brand Mahal
Kabar terbaru dari Zhang Zhehan adalah kontraknya dengan berbagai brand sudah diputus. Dilaporkan sebanyak 27 merek menghentikan kerjasamanya, mulai dari Coca Cola hingga Lanvin. Begitu juga dengan proyek film dan drama.

Netizen Temukan Foto Menyinggung Lain
Zhang Zhehan semakin jadi perbincangan setelah netizen menemukan foto lamanya yang juga kontroversial. Dalam gambar itu, ia dianggap melakukan pose serupa hormat Nazi.

Dihapus dari Internet
Zhang Zhehan bukan satu-satu artisnya yang namanya bahkan tenggelam di internet. Artis lain yang terlibat skandal seperti Vicky Zhao dan Kris Wu juga telah dihapus dari berbagai platform. Meski alasan pastinya belum diungkap, dikatakan jika hal tersebut merupakan usaha China untuk mengontrol budaya fans agar publik tidak terpengaruh perbuatan negatif mereka.

(ami/ami)